Sukses

Piala AFC U-19 2020: Sudah Loloskan 4 Tim, ASEAN Bidik Rekor Wakil Terbanyak

Jakarta - Mayoritas kualifikasi Piala AFC U-19 2020 sudah selesai. Putaran penyisihan menuju turnamen utama di Uzbekistan tinggal menyisakan Grup A.

Semula Grup A juga digelar sesuai grup lain (B-K) yang bertanding pada 2-10 November 2019. Namun, pecah demonstrasi di Irak yang ditunjuk sebagai tuan rumah. Penyelenggaraan kemudian dipindah ke Oman dan berlangsung pada 22-30 November. Grup A kualifikasi Piala AFC U-19 2020 dihuni Irak, Oman, Palestina, Kuwait, dan Pakistan.

Sembari menunggu Grup A memainkan pertandingan, 14 tim sudah memastikan tiket tampil di putaran final yang bakal digelar di Uzbekistan, 14-31 Oktober 2020.

Dengan begitu, slot bermain di putaran final hanya tinggal menyisakan dua tiket saja karena hanya 16 tim yang berhak tampil.

Sudah 14 negara yang sudah menggenggam tiket tersebut, termasuk Uzbekistan sang tuan rumah, serta empat negara anggota AFF atau negara di kawasan Asia Tenggara (ASEAN). Mereka Malaysia, Indonesia, Laos, dan Vietnam.

Malaysia merupakan juara Grup G, Indonesia juara Grup K, sementara Laos (Grup H) dan Vietnam (Grup J) berhak lolos dari jalur runner-up terbaik.

Satu lagi negara ASEAN, Kamboja, berpeluang menyusul Malaysia, Indonesia, Laos, dan Vietnam. Namun, Kamboja masih harus menantikan seluruh pertandingan di Grup A tuntas digelar untuk kepastian bermain di Piala AFC U-19 2020. Kamboja mengantongi poin enam dan berada di peringkat kedua klasemen akhir Grup G di bawah Malaysia. 

Sementara satu di antara tim langganan di putaran final Piala AFC U-19, Thailand, justru menelan pil pahit, gagal lolos lantaran hanya berada di posisi ketiga Grup G.

2 dari 2 halaman

Formasi Mirip Edisi 2018

Dari empat negara ASEAN yang sudah lolos, Malaysia jadi yang paling sering tampil di putaran final. Sejak Piala AFC U-19 kali pertama digulirkan pada 1959, Malaysia sudah tampil 23 kali. Disusul Vietnam tampil dalam 19 edisi putaran final, Indonesia (17), dan Laos (5).

Laos memang jadi kuda hitam di fase kualifikasi kali ini. Bermain di Chinese Taipei, Laos mampu menduduki posisi runner-up dengan poin tujuh, jumlah sama yang dikumpulkan Australia yang jadi juara Grup H. Ini jadi keberhasilan pertama Laos tampil di putaran final Piala AFC U-19 sejak kali terakhir pada edisi 2002.

Di sisi lain, jumlah empat negara ASEAN yang lolos ke putaran final edisi 2020, sama persis dengan edisi sebelumnya, 2018. Formasi negaranya juga mirip, yakni Indonesia, Vietnam, Thailand, dan Malaysia. Bedanya, kali ini Laos menggantikan posisi Thailand.

Harapannya, tentu agar Kamboja bisa mengikuti jejak empat negara tetangga sesama anggota AFF itu tampil di putaran final Piala AFC U-19 2020.

 

 

Disadur dari: Bola.com (Penulis: Aning Jati/Editor: Aditya Wicaksono, published 11/11/2019)

 

Loading
Artikel Selanjutnya
3 Pemain MU dengan Lari Paling Cepat
Artikel Selanjutnya
Memakai Sepatu Nike Buatan dari Perban, Gadis Cilik Juara Lomba Lari di Filipina