Sukses

Timnas Indonesia U-19 Sikat Hong Kong 4-0

Jakarta - Timnas Indonesia U-19 sukses meraih kemenangan kedua pertandingan kedua Grup K Kualifikasi Piala AFC U-19 2020 yang digelar di Stadion Madya, Jakarta, Jumat (8/11/2019). Skuat Garuda Muda sikat Hong Kong 4-0.

Hasil ini membuat tim asuhan Fakhri Husaini itu untuk sementara berada di puncak klasemen dengan enam poin sempurna.

Timnas Indonesia U-19 memulai pertandingan dengan cukup agresif. Tim asuhan Fakhri Husaini itu terus berusaha untuk melancarkan serangan dengan permainan yang cepat.

Peluang emas Timnas Indonesia U-19 hadir pada menit ke-13 lewat Supriadi dan Beckham Putra. Supriadi menerima umpan panjang dan melakukan penetrasi ke dalam kotak penalti. Sayang, tembakannya bisa dihalau oleh kiper Hong Kong, Lo Siu Kei.

Namun, bola rebound mengarah ke kaki Beckham Pura Nugraha. Sayang, tembakan pemain muda Persib Bandung itu justru melayang jauh di atas mistar gawang Hong Kong.

Timnas Indonesia U-19 akhirnya memecah kebuntuan pada menit ke-24 lewat gol sontekan Bagas Kaffa yang maju ke depan membantu serangan.

Bagas, yang berposisi sebagai bek kanan, melakukan permainan satu-dua dengan David Maulana, berlari dari tengah ke dalam kotak penalti Hong Kong dan menyambut umpan David Maulana dengan sontekan yang gagal dihalau dengan baik oleh kiper Hong Kong.

Berhasil memecahkan kebuntuan membuat Tim Garuda Muda makin agresif menyerang. Supriadi mendapatkan peluang emas pada menit ke-26. Namun, tembakan jarak dekatnya di kotak penalti Hong Kong masih melambung tipis di atas mistar gawang.

Timnas Indonesia U-19 akhirnya menggandakan keunggulan pada menit ke-29 lewat gol Alfeandra Dewangga. Berawal dari penetrasi yang dilakukan Supriadi dari sisi kiri, pemain Persebaya Surabaya itu melepaskan umpan silang mendatar yang langsung dimaksimalkan oleh Alfeandra untuk mengoyak jala gawang Hong Kong.

2 dari 3 halaman

Makin Intens dan Memperbesar Keunggulan

Permainan Timnas Indonesia U-19 di babak kedua tidak berubah. Tim asuhan Fakhri Husaini itu memainkan permainan cepat dalam menekan dan berusaha mengalirkan bola dengan permainan ball possession.

Sejumlah upaya serangan terus dilakukan Supriadi dkk. sejak babak kedua dimulai. Namun, Hong Kong merapatkan pertahanan mereka sehingga tak mudah bagi Tim Garuda Muda menambah keunggulan.

Timnas Indonesia U-19 akhirnya mampu menambah keunggulan menjadi 3-0 pada menit ke-60. Sang kapten, David Maulana menjadi pencetak gol lewat tendangan bebas yang keras dan mendatar, melewati pagar hidup dan tak mampu dihalau oleh kiper Hong Kong.

Tim Garuda Muda terus memberikan tekanan kepada Hong Kong dalam waktu tersisa. Sejumlah peluang didapatkan Timnas Indonesia U-19. Namun, hingga memasuki 10 menit terakhir pertandingan tak ada satu pun gol tambahan yang tercipta.

Timnas Indonesia U-19 menambah keunggulan menjadi 4-0 pada masa injury time melalui gol penalti Bagus Kahfi. Striker Tim Garuda Muda itu tanpa ragu-ragu menembak sekuat tenaga hingga jala gawang Hong Kong terkoyak.

Akhirnya pertandingan berakhir dan Timnas Indonesia U-19 memastikan tiga poin kembali mereka raih lewat kemenangan 4-0. Dengan hasil ini, Timnas Indonesia U-19 sudah mengoleksi enam poin dari dua laga di Grup K Kualifikasi Piala AFC U-19 2020.

Meski hanya tinggal menyisakan satu pertandingan lagi, Timnas Indonesia U-19 hanya unggul dua poin dari Korea Utara yang berada di peringkat kedua dengan empat poin. Dengan hanya satu tim yang akan lolos otomatis ke putaran final, laga kontra Korea Utara baru digelar Minggu (8/11/2019) akan menjadi sangat krusial bagi Tim Garuda Muda.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

Hong Kong U-19 (3-5-2): Lo Siu Kei (kiper); Chan Yun Tung, Leung Yau Wai, Wong Chun (belakang); Lai Pui Kei, Chan Shinichi, Cheng Chun Wang Ryan, Chiu Wan Chun, Yu Jesse Joy Yin (tengah); Tong Connor Hew Fung, So Dick On (depan)

Pelatih: Thorlakur Mar Arnason

Timnas Indonesia U-19: Ernando Ari Sutaryadi (kiper); Bagas Kaffa, Muhammad Salman Alfarid, Alfeandra Dewangga, Rizky Ridho Ramadhani (belakang); David Maulana, Brylian Negiehta Aldama, Beckham Putra (tengah); Bagus Kahfi, Supriadi, Muhammad Fajar Fathur Rahman (depan)

Pelatih: Fakhri Husaini

Loading
Artikel Selanjutnya
15 Sindiran Lucu untuk Timnas Indonesia Usai Takluk Lawan Malaysia
Artikel Selanjutnya
Kemenangan Lawan Timnas Indonesia Jadi Hadiah untuk Rakyat Malaysia