Sukses

Pertama Kali, Indonesia Jadi Tuan Rumah APA Sports Meet Ke-13

 

Liputan6.com, Yogyakarta - Untuk pertama kalinya Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggaraan ASEAN Ports Association (APA) Sports Meet. Kompetisi olahraga setiap tiga tahunan antar pelabuhan negara-negara ASEAN ini diadakan di Yogyakarta dan Semarang pada 17 sampai 21 September 2019.

PT Pelabuhan Indonesia II (Persero)/IPC, bersama-sama dengan PT Pelabuhan Indonesia/Pelindo I, III, dan IV (Persero) menjadi penyelenggara kompetisi olahraga APA Sports Meet ke-13 ini. Sebelumnya Indonesia yang diwakili tim atlet gabungan dari PT Pelindo I-IV menjadi juara umum APA Sports Meet 2016 di Vietnam.

Dalam ajang ini, para atlet akan memperebutkan 42 medali emas dari tujuh cabang olahraga, yakni futsal, tenis meja, bulutangkis, tenis, mini marathon, golf, dan bowling. Kompetisi bowling digelar terpisah di Semarang, sedangkan enam lainnya di GOR UNY dan UGM.

"Penyelenggaraan APA Sports Meet ke-13 menjadi bukti sinergi dan kolaborasi yang baik antara pelaku bisnis pelabuhan di negara-negara ASEAN, baik kaitannya dengan bisnis maupun kegiatan pendukung lainnya,” ujar Widyaka Nusapati, Direktur Keuangan PT Pelindo II dalam pembukaan APA Sports Meet ke-13 di Stadion Sepakbola UNY, Selasa (17/9/2019).

Acara pembukaan ini dihadiri oleh sekitar seribu atlet dan kontingen dari sembilan negara Asia Tenggara. APA Sports Meet merupakan ajang kompetisi olahraga untuk memperkuat solidaritas dan persahabatan para pelaku bisnis pelabuhan yang tergabung dalam ASEAN Ports Association dengan negara anggota, yakni Indonesia, Malaysia, Singapura, Kamboja, Vietnam, Filipina, Thailand, Brunei dan Myanmar.

APA Sports Meet ke-13 dirancang sebagai ajang promosi pariwisata kota gudeg ini. Yogyakarta dipilih bukan hanya karena fasilitas dan infrastruktur olahraganya yang sudah memadai, melainkan juga menjadi tujuan wisata yang menarik turis dalam dan luar negeri.

 

2 dari 2 halaman

Jadwal dan Lokasi Pertandingan

GOR UNY: tenis, futsal, dan mini marathon

GOR UGM: tenis meja dan bulutangkis

Merapi View Golf: Golf

Excelso Lucky Strike Semarang: Bowling

Kompetisi digelar Rabu sampai Jumat, 18 sampai 20 September 2019 setiap pukul 08.00 sampai 17.00 WIB.

(Switzy Sabandar)

Loading
Artikel Selanjutnya
Perjanjian Kerja Sama RCEP Bakal Diumumkan Awal November
Artikel Selanjutnya
Ditjen PAS dan 9 Negara ASEAN Bahas Upaya Tangkal Radikalisme di Lapas