Sukses

Petronas Yamaha Akan Memprioritaskan Fabio Quartararo di MotoGP Musim Depan

Fabio Quartararo hanya menggunakan motor spek B di MotoGP musim ini, tapi mampu tampil melebih Valentino Rossi, Maverick Vinales dan Franco Morbidelli.

Liputan6.com, Kuala Lumpur- Manajer pribadi Fabio Quartararo, Eric Mahe meyakini Petronas puas dengan kinerja wonderkid MotoGP asal Prancis itu. Maka itu,Petronas disebutnya siap menggelontorkan dana lebih agar pebalap Prancis tersebut mendapatkan motor YZR-M1 spek terbaru dan terbaik di MotoGP musim depan.

Hal ini disampaikan Mahe kepada Canal + usai El Diablo sukses finis ketiga di Red Bull Ring, Austria, akhir pekan lalu.

Membela Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo diketahui memiliki M1 yang berbeda dari M1 spek pabrikan Valentino Rossi, Maverick Vinales, dan Franco Morbidelli. Mesin adalah satu-satunya perangkat yang sama dari motor keempat pebalap ini. Uniknya, justru Quartararo lah yang paling konsisten tampil papan atas.

"Yamaha punya mesin seimbang, sangat cepat di tikungan. Tapi bukan rahasia lagi masih tertinggal pada beberapa aspek. Fabio sendiri punya motor 'Spek B', yakni spek yang sedikit lebih terbatas. Ia melakukan apa pun yang ia bisa di atas motor itu, dan ia tampil sangat baik," ujar Mahe seperti yang dilansir Paddock GP.

Dengan M1 yang ala kadarnya, Quartararo sukses meraih tiga pole dan tiga podium dalam 11 seri pertama musim ini. Selain itu, ia juga selalu bertarung di posisi lima besar. Petronas, sebagai sponsor timnya, puas atas performa dan hasil ini, dan yakin Quartararo bakal lebih garang dengan motor yang lebih baik.

"Tim Fabio Quartararo sangat puas atas performanya, dan ini masuk akal. Petronas sudah memperhitungkan bujet untuk meningkatkan kebutuhannya musim depan. Saat ini Yamaha masih di tengah-tengah proses pengembangan, mesinnya masih ada versi A, B, dan C untuk 2020," ungkap Mahe, yang juga manajer Loris Baz.

 

Video

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Quartararo Itu Fenomenal

Managing Director Yamaha Motor Racing, Lin Jarvis sejatinya pernah mengaku pihaknya tak berniat meningkatkan dukungan teknis untuk Quartararo. Meski begitu, Mahe mengaku bahwa Quartararo, Petronas, dan Yamaha telah mendiskusikan kemungkinan ini, dan saat ini tengah menunggu keputusan final.

"Kini kami tengah menunggu jawaban final dari Yamaha. Kami akan bersabar menanti, tapi tak ada alasan Fabio tak bisa dapat motor terbaru. Fabio adalah fenomena! Tak ada orang yang paham bahwa ia tidak bertarung dengan level yang sesungguhnya bersama Yamaha," pungkasnya.

Menjelang MotoGP Inggris di Sirkuit Silverstone pada 23-25 Agustus mendatang, Quartararo tengah duduk di peringkat ketujuh pada klasemen pebalap dengan 92 poin, hanya tertinggal 11 poin dari Rossi di peringkat kelima dan 10 poin dari Vinales di peringkat keenam. Ia bahkan unggul 34 poin atas Morbidelli.

Sumber: Bola.net/ Canal+/Paddock GP

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.