Sukses

Imbang Lawan Myanmar, Timnas Indonesia U-18 ke Semifinal Sebagai Juara Grup

Ho Chi Minh Timnas Indonesia U-18 keluar sebagai jara Grup A pada Piala AFF U-18 2019 usai bermain imbang 1-1 melawan Myanmar di Thong Nhat Stadium, Ho Chi Minh, Rabu (14/8/2019). Hasil ini sekaligus memantapkan langkah pasukan Fakhri Husaini ke babak semifinal. 

Tim asuhan Fakhri Husaini itu sempat lebih dulu tertinggal lewat gol Hein Htet Aung pada awal babak kedua. Namun, sepakan keras Rizky Ridho Ramadhani dari situasi tendangan bebas membantu Timnas Indonesia U-18 selamat dari kekalahan.

Bagus Kahfi mendapatkan peluang emas dalam menit awal pertandingan lewat tandukan kepala yang memanfaatkan umpan silang saudara kembarnya, Bagas Kaffa. Sayang, tandukan pemain berambut kribo itu masih membuat bola naik ke atas mistar gawang Myanmar.

Peluang yang hampir sama didapatkan Timnas Indonesia U-18 pada menit ke-14. Berawal dari sepak pojok, Bagus Kahfi menanduk bola ke arah jantung pertahanan Myanmar dan dilanjutkan oleh Fajar Fathur Rachman. Sayang, tandukan Fajar pun masih melayang di atas mistar gawang Myanmar.

Peluang berikutnya didapatkan oleh Brylian Aldama pada menit ke-15. Sebuah tembakan dilepaskan oleh Brylian setelah melakukan kontrol bola dengan sangat baik. Namun, bola sepakannya masih tipis di sisi kiri gawang Myanmar.

Beckham Putra mendapatkan dua peluang pada 10 menit terakhir babak pertama. Namun, sepakan bola yang dilepaskannya masih belum sempurna sehingga bola pun tidak tepat ke arah gawang Myanmar.

Sementara itu, Myanmar bukan tanpa serangan dalam laga ini. Sejumlah serangan dibangun oleh tim asuhan Soe Myat Min. Namun, soliditas yang dimiliki pertahanan Timnas Indonesia U-18 mampu membuat gawang yang dikawal Muhammad Adisatryo tetap bisa aman dari ancaman.

Hingga 45 menit pertama berakhir, kedudukan imbang 0-0 masih mewarnai laga antara Myanmar dan Timnas Indonesia U-18.

2 dari 3 halaman

Myanmar Buat Kejutan, Timnas Indonesia U-18 Mampu Mengimbangi

Myanmar justru membuat kejutan pada awal babak kedua. Tepatnya pada menit ke-49, Myanmar menjebol gawang Muhammad Adisatryo lewat gol yang dicetak oleh Hein Htet Aung dalam kondisi tak terkawal di dalam kotak penalti Timnas Indonesia U-18.

Namun, Tim Garuda Muda mampu membalas lewat gol yang dicetak oleh Rizky Ridho Ramadhani pada menit ke-69. Kapten Timnas Indonesia U-18 itu melepaskan tembakan keras dari situasi set-piece persis di dekat kotak penalti. Tembakan keras itu ke tepi kiri gawang Myanmar yang tak mampu dihalau Pyse Phyo Thu.

Dalam sisa waktu yang ada, Timnas Indonesia U-18 berusaha untuk terus menekan Myanmar. Namun, hingga pertandingan usai, hasil imbang 1-1 menjadi hasil akhir. Dengan hasil tersebut, Tim Garuda Muda pun resmi lolos ke semifinal sebagai juara Grup A Piala AFF U-18 2019.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

Myanmar U-18 (3-4-3): Pyse Phyo Thu (kiper); Thet Hein Soe, Naung Naung Soe, Kaung Khant Kyaw (belakang); Pyae Phyo Aung, Moe Swe, Ye Min Kyaw, Khun Kyaw Zin Hein (tengah); La Min Htwe, Aww Bar Kha, Hein Htet Aung (depan)

Pelatih: Soe Myat Min

Timnas Indonesia U-18 (5-4-1): Muhammad Adisatryo (kiper); Amidurddin Bagas Kaffa Arrizqi, Muhammad Fajar Fathur Rachman, Muhammad Salman Alfarid, Alfeandra Dewangga Santosa, Rizky Ridho Ramadhani (belakang); Beckham Putra Nugraha, Khairul Imam Zakiri, Rendy Juliansyah, Brylian Negiehta Aldama (tengah); Amiruddin Bagus Kahfi Alfikri (depan)

Pelatih: Fakhri Husaini

Sumber: Bola.com

Loading
Artikel Selanjutnya
Plus dan Minus Timnas Indonesia U-18 Usai Finis di Peringkat Ketiga Piala AFF 2019
Artikel Selanjutnya
Ini Harga Tiket Timnas Indonesia U-19 Vs Iran di Laga Uji Coba