Sukses

4 Perubahan Penting yang Dilakukan Solskjaer di MU

Manchester - Musim lalu jadi musim tak menyenangkan bagi Manchester United (MU). Setan Merah gagal finis empat besar. Ole Gunnar Solskjaer yang masuk pada tengah musim dituntut bisa memperbaiki keadaan jelang musim baru.

Tanda-tanda perubahan mulai terlihat. MU meraih rentetan hasil positif di laga-laga pramusim.

Manchester United terhitung agresif berburu pemain di bursa transfer musim panas ini. Namun, berbeda dengan klub lain, mereka cenderung memboyong pemain berstatus nonbintang.

Praktis hanya Harry Maguire, jadi pemain bernama besar yang direkruit The Red Devils. 

Sepanjang masa persiapan pramusim, tak ada riak-riak kontroversi di MU. Sebaliknya, pemain berusia 46 tahun itu telah melakukan pekerjaannya dengan tenang, bersahaja, yang bersilangan dengan dua manajer sebelumnya, Jose Mourinho dan Louis van Gaal.

Seperti apa pembaharuan yang disajikan Ole Gunnar Solskjaer di MU?

2 dari 5 halaman

Fokus Membangun Tim Muda

Di awal bursa transfer Manchester United dikait-kaitkan dengan sosok Gareth Bale. Bintang asal Wales itu berseteru dengan Zinedine Zidane sehingga ia didorong buat keluar dari Real Madrid. Proses transfer hampir terjadi sebelum akhirnya Solskjaer mengintervensi.

Bukannya Solskjaer menentang penandatanganan nama-nama besar tetapi mereka harus menyesuaikan dengan cara bermain pilihannya.

Angel di Maria, Henrikh Mkhitaryan dan, baru-baru ini, Alexis Sanchez semuanya telah dibeli United meskipun gaya bermain mereka bertentangan dengan filosofi sang manajer dan juga klub.

Uang besar telah dihabiskan Manchester United untuk meminang Memphis Depay, Radamel Falcao, Morgan Schneiderlin, Bastian Schweinsteiger, dan Fred. Kesemuanya kesulitan beradaptasi dengan sistem permainan Manchester United.

Solskjaer menginginkan pasukan yang lebih muda, pemain dengan motivasi tinggi, sesuai dengan bagaimana Sir Alex Ferguson mengelola United di masa lalu dikelola. Seperti halnya dengan Mourinho dan Louis van Gaal, ia akan memilih target pemain bareng manajemen, dengan tujuan utama jangka panjang.

3 dari 5 halaman

Punya Gagasan Sistem Bermain yang Jelas

Solskjaer memiliki gagasan sendiri yang jelas tentang bagaimana ia ingin timnya bermain. Empat pemain di pos belakang, dua di lini tengah dalam, tiga menyerang plus seorang ujung tombak.

Yang terpenting, dia ingin mereka semua memiliki kecepatan dan fleksibel bertukar posisi.

Pemain baru Manchester United Daniel James, yang dinilai banyak pundit bukan pemain dengan nama besar, tetapi tetap didatangkan United karena ia cocok dengan sistem permainan Solskjaer. Dan pada tur pramusim, pemain sayap asal Wales itu bermain bagus, menjalankan strategi sang mentor dengan sangat baik.

4 dari 5 halaman

Fokus Membangun Tim

Ketika Manchester United berangkat pada tur empat pertandingan mereka di Australia dan Asia pada 7 Juli, ada lebih banyak pertanyaan tentang transfer daripada seputar Solskjaer dan timnya.

Beberapa pertanyaan masih ada. Akankah Rumero Lukaku pergi? Akankah Harry Maguire tiba dari Kota Leicester? Apa yang akan terjadi dengan Paul Pogba? Apakah United akan merekrut pemain tengah baru?

Namun, selama 20 hari mereka menjalani tur, beberapa aspek manajemen Solskjaer menjadi jelas; serta formasi yang dia sukai, ada etos kerjanya sendiri dan tuntutan yang diberikan kepada para pemainnya, serta kepercayaannya pada pemain pemuda.

Solskjaer sama sekali tak terlihat terganggu dengan publikasi transfer, ia fokus membangun timnya. Para pemain terlihat menikmati sesi latihan yang ia geber setiap harinya.

 

5 dari 5 halaman

Mendinginkan Suasana Konfrensi Pers

Satu aspek lain dari pra-musim Manchester United ini yang secara fundamental telah berubah dari yang terakhir adalah bahwa para pejabat klub tidak perlu lagi khawatir tentang apa yang akan dikatakan manajer kepada media.

Mungkin tidak banyak berguna bagi jurnalis yang melakukan perjalanan untuk meliput perjalanan mereka tetapi Solskjaer tidak melakukan konfrontasi publik.

Pemain Norwegia itu adalah murid Tottenham, Mauricio Pochettino, yang, setelah kedua tim bermain di Shanghai pekan lalu, mengatakan kepada pers bahwa tidak ada gunanya bertanya tentang kemungkinan pembelian, atau bahkan yang mungkin ia jual, karena itu adalah klub materi dan informasi apa pun akan dirilis di situs web resmi.

Solskjaer juga tidak akan secara terbuka mengkritik Ed Woodward atau bahkan keputusan United untuk mengadakan tur panjang ke luar negeri - sebenarnya tidak ada manajer yang menyukai mereka - karena dia memandangnya sebagai kontra-produktif.

Tidak satu pun dari ini yang menjamin United akan memenangkan pertandingan, yang pada akhirnya, bagaimana Solskjaer akan dinilai.

Sumber: BBC