Sukses

Persija vs PSM, Gol Tunggal Ryuji Utomo Amankan Peluang Macan Kemayoran di Leg 2 Final Piala Indonesia

Jakarta Persija memetik modal penting usai menang dalam leg pertama final Piala Indonesia 2018 yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu (21/7/2019). Gol tunggal Ryuji Utomo membuat Macan Kemayoran memiliki sedikit modal untuk bertandang ke Makassar dalam leg kedua final yang digelar pada 28 Juli 2019.

Persija Jakarta mampu mengontrol pertandingan lebih baik sejak awal pertandingan. Lini tengah Macan Kemayoran yang dihuni Bruno Matos, Sandi Sute, dan Rohit Chand mampu tampil lebih mendominasi ketimbang lini tengah PSM yang diisi Rasyid Bakri, Rizky Pellu, dan Marc Klok.

Dominasi lini tengah tersebut membuat Persija lebih mudah melancarkan serangan demi serangan pada awal pertandingan. Namun, sejumlah peluang yang didapatkan Marko Simic, Rohit Chand, maupun Ismed Sofyan, tidak kunjung mengoyak jala gawang PSM.

Ketatnya lini pertahanan PSM juga memengaruhi sulitnya Persija untuk menjebol gawang tim tamu. Sejumlah percobaan serangan yang dilakukan oleh Persija kerap mati di kotak penalti PSM, di mana pertahanan Juku Eja benar-benar mengawal ketat Marko Simic dan Bruno Matos.

Kendati terus mendapatkan tekanan dari Persija, bukan berarti PSM tanpa peluang. Sebuah peluang emas didapatkan PSM lewat Rahmat pada lima menit terakhir babak pertama. Namun, sama halnya seperti Persija, PSM pun tak mampu meraih keunggulan. Babak pertama pun berakhir imbang tanpa gol.

PSM mulai lepas dari tekanan di babak kedua. Lewat pemain di sisi sayap, seperti Rahmat dan Zulham Zamrun, PSM mencoba membuat peluang dengan mengirimkan umpan kepada Guy Junior yang berada di ujung tombak.

PSM membuat peluang emas lewat Guy Junior pada menit ke-70. Striker Juku Eja itu tinggal berhadapan dengan Shahar Ginanjar setelah mengecoh lini pertahanan Persija. Sayang, sepakan Guy Junior masih bisa ditepis oleh Shahar Ginanjar.

Kebuntuan akhirnya terpecahkan pada menit ke-87 ketika Persija berhasil mengoyak jala gawang PSM lewat tembakan Ryuji Utomo. Umpan sepak pojok Riko Simanjuntak disambut baik oleh Ryuji, yang masuk menggantikan Maman Abdurrahman. Gol tersebut akhirnya menjadi satu-satunya gol yang tercipta di pertandingan ini.

Berkat kemenangan ini, Persija pun memiliki modal satu gol untuk menjalani leg kedua final Piala Indonesia 2018 yang akan digelar di markas PSM, Stadion Andi Mattalatta Mattoangin, Makassar, pada Minggu (28/7/2019).

2 dari 2 halaman

Susunan Pemain

Persija (4-3-3): Shahar Ginanjar (kiper); Ismed Sofyan, Maman Abdurrahman, Tony Sucipto, Rezaldi Hehanussa (belakang); Sandi Sute, Rohit Chand, Bruno Matos (tengah); Riko Simanjuntak, Novri Setiawan, Marko Simic (depan)

Pelatih: Julio Banuelos

PSM (4-3-3): Hilmansyah (kiper); Aaron Evans, Abdul Rahman, Asnawi Mangkualam, Beny Wahyudi (belakang); Rasyid Bakri, Rizky Pellu, Marc Klok (tengah); Zulham Zamrun, Rahmat, Guy Junior (depan)

Pelatih: Darije Kalezic

Loading
Artikel Selanjutnya
PSM Makassar Tambah Penderitaan Persib Bandung di Shopee Liga 1 2019
Artikel Selanjutnya
Tonton Live Streaming Vidio Exclusive: PSM Makassar vs Persib Bandung di Indosiar