Sukses

McMenemy: Lawan Malaysia dan Thailand Jadi Penentu Langkah Timnas Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia tergabung di Grup G babak Kualifikasi Piala Dunia 2022 bersama Uni Emirat Arab, Vietnam, Thailand, dan Malaysia. Pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy menyebut dua pertandingan awal akan menentukan langkah timnya.

Dalam jadwal Kualifikasi Piala Dunia 2022, Timnas Indonesia dijadwalkan menghadapi Malaysia pada 5 September mendatang. Lima hari setelahnya akan melawan Thailand. Dua pertandingan itu bakal digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

"Dua pertandingan pertama akan sangat menentukan langkah kita ke depan. Kalau bisa menang pada dua laga pertama, tentu kita akan bisa mengirim pesan bahwa Indonesia telah kembali," kata Simon, dikutip dari situs resmi PSSI.

"Indonesia serius dalam kualifikasi ini, kita berada di level yang sama dengan lawan kita. Saya ingin Timnas Indonesia bisa menginspirasi negara ini," ujarnya melanjutkan.

Namun, Simon mengkhawatirkan kendala yang dihadapi timnas selama persiapan yang bersamaan dengan jadwal kompetisi. Dia berharap bisa memanggil seluruh pemain tanpa masalah.

"Ini (persiapan Timnas Indonesia) akan sedikit lebih sulit karena kompetisi di liga kita sedang berlangsung. Mungkin, Thailand dan Malayasia sedikit lebih baik dari kita soal persiapan, karena liga mereka sudah hampir berakhir," ucap mantan pelatih Bhayangkara FC itu.

 

2 dari 3 halaman

Mini AFF Cup

Dalam Grup G babak Kualifikasi Piala Dunia 2022, hanya Uni Emirat Arab yang tidak berasal dari kawasan Asia Tenggara. Banyak yang menyebut babak ini sebagai mini AFF Cup.

"Mengenai hasil undian yang menempatkan Indonesia, Malaysia, Thailand dan Vietnam dalam grup yang sama, lalu disebut sebagai Mini AFF tentu tidak adil, karena masih ada negara seperti Myanmar dan Philipina di grup lain."

"Hanya saja pertandingan di grup ini akan jadi menarik karena, kita sudah sering bertemu, bertanding, dan saling mengenal satu sama lain. Karena semua sudah saling kenal, semua pasti akan berpikir punya peluang yang sama untuk lolos," ucap Simon.

 

3 dari 3 halaman

Jadwal Lengkap Timnas Indonesia

5 September 2019

Timnas Indonesia Vs Malaysia

10 September 2019

Timnas Indonesia Vs Thailand

10 Oktober 2019

Uni Emirat Arab Vs Timnas Indonesia

15 Oktober 2019

Timnas Indonesia Vs Vietnam

19 November 2019

Malaysia Vs Timnas Indonesia

26 Maret 2020

Thailand Vs Timnas Indonesia

31 Maret 2020

Timnas Indonesia Vs Uni Emirat Arab

4 Juni 2019

Vietnam Vs Timnas Indonesia

Saksikan video pilihan berikut ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Tidak Memperebutkan Gelar, Duel Timnas Indonesia U-18 vs Myanmar Tetap Sengit
Artikel Selanjutnya
3 Penyebab Kekalahan Timnas Indonesia U-18 dari Malaysia di Semifinal Piala AFF U-18