Sukses

Cristiano Ronaldo Kembali Difavoritkan Memenangkan Ballon d'Or

Cristiano Ronaldo memenangkan tiga trofi juara pada 2019, yakni Scudetto Serie A Italia, Supercoppa Italiana, dann UEFA Nations League.

Liputan6.com, Turin - Luka Modric mengakhiri dominasi Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi untuk penghargaan Ballon d'Or. Gelandang Real Madrid dan timnas Kroasia itu memenangkan penghargaan bergengsi tersebut pada 2018.

Pada 10 edisi sebelumnya, Ballon d'Or dimenangkan Cristiano Ronaldo dan Messi. Keduanya masing-masing lima kali memenangkannya.

Cristiano Ronaldo meraihnya pada 2008, 2013, 2014, 2016, serta 2017. Sementara Messi merebutnya pada 2009, 2010, 2011, 2012, dan 2015.

Keputusan Cristiano Ronaldo pindah ke Juventus pada musim panas 2018 memunculkan banyak pertanyaan. Salah satunya adalah apakah bintang asal Portugal itu mampu mempertahankan standar yang sangat tinggi di klub barunya tersebut.

Namun, Cristiano Ronaldo mampu menjawab keraguan tersebut. Alhasil, pemain berjuluk CR7 itu kembali difavoritkan untuk memenangkan Ballon d'Or 2019.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tiga Gelar

Ronaldo sempat mengalami kesulitan di awal bergabung dengan Juventus. Tapi, secara perlahan pemain berusia 34 tahun itu bisa beradaptasi.

Tak hanya itu, Ronaldo juga menambah koleksi gelar juaranya. Ia membantu Juventus memenangkan Scudetto Serie A. Selain itu, Ronaldo juga mengangkat trofi Supercoppa Italiana.

Namun, ayah empat anak tersebut menyelesaikan musim debutnya di Liga Italia bukan sebagai pencetak gol terbanyak seperti biasanya. Ronaldo mengemas 21 gol, terpaut lima gol dari Fabip Quagliarella yang menjadi pencetak gol terbanyak.

Tak hanya bersama Juventus, Ronaldo juga sukses dengan timnas Portugal. Ia membantu Portugal meraih trofi UEFA Nations League edisi perdana. Ini adalah gelar juara kedua Ronaldo bersama timnas Portugal setelah memenangkan Piala Eropa 2016.

Momen utama Ronaldo di UEFA Nations League terjadi pada laga semifinal, yakni mencetak hattrick ke gawang Swiss. Ronaldo menjadi pemain pertama yang mencetak hattrick di turnamen tersebut.

 

3 dari 3 halaman

Saingan Ronaldo

Pesaing Ronaldo dalam memenangkan Ballon d'Or 2019 adalah bek Liverpool Virgil van Dijk. Bek asal Belanda tersebut sangat difavoritkan setelah membawa Liverpool juara Liga Champions dan menjadi runner up Liga Inggris.

Pesaing lainnya adalah striker Liverpool Sadio Mane dan bintang Barcelona Lionel Messi. Meski kembali difavoritkan, Ronaldo mengaku tidak termotivasi memenangkan penghargaan individu.

"Saya tidak hidup dengan obsesi tentang penghargaan," jelas Ronaldo seperti dikutipdari Marca. "Angka saya tidak berbohong, tahun ini saya memenangkan tiga gelar dan saya bagus di UEFA Nations League.

"Apa lagi yang bisa saya lakukan?" tutup Ronaldo.

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.