Sukses

Utang Bikin Barcelona Kesulitan Boyong Neymar

Liputan6.com, Barcelona- Kondisi keuangan yang masih dibelit utang membuat Barcelona sulit untuk datangkan Neymar. Keinginan untuk membawa kembali Neymar ke Camp Nou kini bisa saja hanya sekadar angan.

Kerumitan ini disebabkan oleh jumlah kepala yang terlibat dan kondisi kesepakatan ini. PSG dan Thomas Tuchel sudah menyadari bahwa Neymar ingin pergi, mereka siap bernegosiasi. 

Menurut Marca, satu rintangan pertama Barcelona adalah harga jual Neymar. Blaugrana sudah menghabiskan sekitar 225 juta euro pada bursa transfer musim panas ini untuk Frenkie de Jong (75 juta euro), Neto (26 juta euro), Antoine Griezmann (120 juta euro), dan Marc Cucurella (4 juta euro).

Sampai saat ini, satu-satunya pemain yang dilepas hanya Sergi Palencia ke Saint Etienne untuk harga Murah. Sebab kepergian Jesper Cillessen, Denis Suarez, Andre Gomes, dam Marc Cardona masuk dalam pembukuan musim lalu.

Itu berarti Barcelona memulai negosiasi Neymar dengan kondisi minus 223 juta euro, dengan asumsi harga jual Neymar berada di angka 175 sampai 200 juta euro. Sebab itu, Barcelona bisa dengan mudah defisit 400 juta euro.

 

 

2 dari 3 halaman

Regulasi FIFA

Tahun ini, FIFA mengisyaratkan bahwa perbedaan antara pembelian dan penjualan pemain tidak boleh melebihi 100 juta euro. Artinya, jika Neymar sungguh datang, Barcelona harus bisa mendapatkan sekitar 300 juta euro dari penjualan pemain mulai saat ini sampai 30 Juni 2020 mendatang.

Penjualan sebesar itu bisa merusak keseimbangan tim. 300 juta euro hanya bisa didapatkan dengan menjual beberapa pemain top. Penjualan itu berisiko bukan hanya karena total biaya yang begitu besar, tetapi juga waktu yang dibutuhkan untuk menjual pemain sebanyak itu.

Lalu apa yang bisa dilakukan Barcelona untuk mendatangkan Neymar?

3 dari 3 halaman

Menjual Terlebih Dahulu

Barcelona harus memahami terlebih dahulu berapa besar uang yang reala mereka keluarkan untuk mengajukan tawaran ke PSG. Artinya, harus ada penjualan beberapa pemain terlebih dahulu sebelum berdiskusi membeli Neymar.

Ada beberapa pemain yang bisa ditawarkan Barcelona untuk PSG. Philippe Coutinho jadi salah satu nama utama, juga Ousmane Dembele dan Ivan Rakitic.

Biar begitu, sampai saat ini tidak ada pemain Barca yang rela meninggalkan klub untuk jadi bagian transfer Neymar. Tugas Barca semakin berat, mereka harus merayu beberapa pemain untuk meninggalkan Camp Nou.

Loading
Artikel Selanjutnya
Messi Masih Jalani Latihan Terpisah di Barcelona
Artikel Selanjutnya
PSG Kembali Tolak Tawaran Barcelona untuk Neymar