Sukses

Pedrosa Heran Rossi Masih Belum Pensiun dari MotoGP

Dani Pedrosa sudah lebih dulu pensiun dari balapan MotoGP, meski masih menjadi pembalap penguji di KTM. Apa yang dilakukan Valentino Rossi membuatnya heran.

Liputan6.com, Jerez - Test rider KTM yang pensiun dari MotoGP akhir tahun lalu, Dani Pedrosa, mengaku dirinya sama sekali tak tertarik kembali aktif balapan, meski sempat merasakan sensasi aneh ketika berkunjung ke MotoGP Jerez, Spanyol pada awal Mei lalu.

Hal ini dikatakan Pedrosa dalam acara 'Cena de Los Campeones' atau 'Makan Malam Bersama Para Juara' di stasiun televisi DAZN. Dia juga membahas Valentino Rossi, yang belum juga pensiun dari ajang MotoGP.

Dalam acara tersebut, para juara dunia asal Spanyol bertemu pada satu meja untuk membicarakan berbagai hal soal balap motor. Selain Pedrosa (GP125 2003, GP250 2004 dan 2005), ada pula Carlos Checa (WorldSBK 2011), Alex Criville (GP500 1999), Emilio Alzamora (GP125 1999), Sito Pons (GP250 1988 dan 1989).

Pedrosa diketahui memutuskan pensiun pada akhir 2018, usai 18 tahun membela Honda, yang 13 tahun di antaranya ia habiskan di MotoGP. Uniknya, usai pensiun ia justru berlabuh ke KTM, dan kini menjabat sebagai test rider, serta ikut dalam proses pengembangan motor RC16.

Dalam acara bincang-bincang ini, Pedrosa pun ditanya oleh Pons, apakah dirinya memilih hasrat untuk kembali aktif balapan, mengingat usianya yang baru menginjak 33 tahun, sebaya dengan rider LCR Honda Castrol, Cal Crutchlow.

Pedrosa pun mengaku sempat merasa aneh saat ia hadir dalam pekan balap MotoGP Jerez untuk meresmikan Tikungan dan Monumen Pedrosa di Tikungan 6. Dalam gelaran tersebut, Pedrosa juga pertama kalinya muncul secara publik sebagai bagian dari KTM. Ia merasa janggal tak turun lintasan seperti pebalap lain, namun kembali merasa tenang.

"Kini saya sudah tenang. Jelas saat berada di Jerez, saat saya pergi ke lintasan, sesuatu terjadi, tapi setelahnya tidak. Saya mengalami situasi yang aneh," papar Pedrosa.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tak Habis Pikir

"Saya tadinya selalu datang ke sirkuit sebagai pembalap, namun kali itu saya tak melakukan apa-apa. Itu pertama kalinya saya pergi ke Jerez tanpa turun lintasan. Ini situasi yang berbeda," ujarnya.

Pedrosa juga merasa aneh melihat rider Monster Energy Yamaha yang telah berusia 40 tahun, Valentino Rossi, masih beraksi di lintasan sementara dirinya ada di tepi trek. Pedrosa mengaku tak habis pikir bahwa ia, yang menjalani debut Grand Prix pada 2001, yakni 5 tahun setelah Rossi, justru pensiun lebih awal daripada The Doctor.

3 dari 3 halaman

Banyak Penggemar

"Vale masih ingin balapan karena ia suka dan ini passion-nya. Ia juga punya banyak penggemar. Tak peduli finis di posisi 8 atau 5, ia selalu punya dukungan besar. Jelas ia ingin bertarung di depan, tapi dukungan penggemar sangat membantu mengurangi banyak beban. Yang bikin saya tak habis pikir, saya memulai karier setelah dia, tapi pensiun sebelum dia!" tutur Pedrosa.

Pedrosa akan kembali turun lintasan untuk KTM dalam uji coba tertutup di Red Bull Ring, Austria, pada 22-23 Juli mendatang, yakni sebelum para rider MotoGP akan kembali menjalani pekan balap di Brno, Ceko, pada 2-4 Agustus nanti.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.