Sukses

Selebrasi di Sesi Kualifikasi MotoGP Katalunya, Vinales Malah Kena Hukuman Turun Grid

Liputan6.com, Barcelona - Pembalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales mencatatkan waktu terbaik ketiga saat sesi kualifikasi MotoGP Katalunya pada Sabtu (15/6/2019). Catatan waktu terbaiknya, yakni 1 menit 39,710 detik.

Sayangnya, saat balapan MotoGP Katalunya, Minggu (16/6/2019), Vinales harus mengawali balapan dari posisi keenam. Posisinya harus turun tiga grid karena melakukan selebrasi usai Vinales menyelesaikan proses kualifikasi.

Selebrasi Vinales di depan pendukungnya dinyatakan Race Direction sebagai bentuk upaya menghambat Fabio Quartararo. Ketika itu, Vinales melambaikan tangannya di tikungan kesembilan, posisinya pun melebar.

Di belakangnya, ada Quartararo yang masih menjalani sesi kualifikasi. Dari tanyangan lambat, Vinales terlihat seperti menghambat laju rider satelit Yamaha tersebut. Alhasil, Top Gun, panggilan Vinales, dinyatakan bersalah karena melanggar Pasal 1.21.2 Regulasi Kejuaraan Dunia FIM Grand Prix.

"Pembalap MotoGP harus berkendara dengan cara bertanggung jawab yang tidak menimbulkan bahaya bagi pesaing atau peserta lain, baik di lintasan maupun di pit lane," bunyi pernyataan pasal tersebut.

 

 

2 dari 3 halaman

Vinales Terkejut

Hukuman tersebut membuat Vinales terkejut. Pasalnya, rider asal Spanyol itu menganggap sesi kualifikasi telah berakhir sepenuhnya dan tidak menyadari Quartararo masih berupaya menjadi yang tercepat.

"Saya kira bendera kotak-kotak sudah dikibarkan, jadi saya menyapa orang-orang, melakukan wheelie dan segalanya. Saya tidak mengerti. Lalu saya melihat Fabio dan terlambat. Saya tidak tahu."

"Saya tidak menduganya karena saya pikir kualifikasi sudah berakhir. Saya tidak memeriksa layar. Seperti inilah jadinya. Yang pasti, saya membuat kesalahan itu benar. Saya kira kualifikasi sudah berakhir," ucap Vinales, seperti dikutip dari Motor Sport.

3 dari 3 halaman

Baris Kedua

Dengan adanya hukuman ini, maka Vinales akan start dari posisi keenam, bergabung dengan rekan setim Valentino Rossi dan Andrea Dovizioso di baris kedua.

Adapun, Franco Morbidelli naik ke grid ketiga, start di belakang Marc Marquez serta Quartararo.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Belum Lolos Standar FIM, Dovizioso Terpaksa Pakai Helm Suomy Jadi-jadian
Artikel Selanjutnya
Jelang MotoGP Katalunya, Marquez Beda Pendapat dengan Lorenzo