Sukses

MotoGP: Hambat Quartararo, Maverick Vinales Kena Penalti

Jakarta Pembalap Monster Yamaha, Maverick Vinales, kena hukuman penalti. Ia dianggap menghambat laju Fabio Quartararo pada kualifikasi kedua MotoGP Catalunya. Alhasil, Vinales harus kehilangan posisi start ketiga.

Dalam kualifikasi yang berlangsung di Sirkuit Catalunya, Sabtu (15/6/2019) siang waktu setempat, Maverick Vinales mencatatkan waktu 1 menit 39,710 detik. Dia terpaut 0,226 detik dari Quartararo yang meraih pole position.

Akan tetapi, pembalap asal Spanyol itu melakukan kesalahan pada menit-menit akhir kualifikasi MotoGP Catalunya. Maverick Vinales yang mengira kualifikasi telah berakhir, mengurangi kecepatan motornya.

Dia pun melambaikan tangan ke arah penonton yang berada di tribune. Namun kenyataannya, Fabio Quartararo masih memiliki putaran terakhir untuk menorehkan waktu tercepat.

Akibatnya, laju Quartararo terhambat dengan adanya Vinales di Tikungan 9. Beruntung, catatan waktu Fabio Quartararo tak mampu dilampaui para pembalap lainnya, termasuk Marc Marquez yang harus puas start dari urutan kedua M.

Dengan adanya insiden tersebut, Maverick Vinales dijatuhi penalti dan akan memulai balapan MotoGP Catalunya, Minggu (16/6/2019), dari urutan keenam.

"Pada 15 Juni 2019 pukul 14.51 selama MotoGP Q2 di GRAN PREMI MONSTER ENERGY DE CATALUNYA, di Tikungan 9 Anda (Maverick Vinales) diketahui mengendarai dengan cara yang tidak bertanggung jawab, karena melambat di jalur balap sehingga mengganggu pembalap lain," bunyi pernyataan resmi FIM.

 

2 dari 2 halaman

Morbidelli Naik Posisi

Dengan turunnya Maverick Vinales ke posisi enam, Franco Morbidelli dari tim Yamaha Petronas SRT akan menghuni grid ketiga balapan MotoGP Catalunya.

Sementara itu, Valentino Rossi naik ke urutan keempat dan Andrea Dovizioso di peringkat lima.

Sumber: Crash

Loading
Artikel Selanjutnya
Klasemen MotoGP Jelang Balapan Katalunya Malam Ini
Artikel Selanjutnya
Jadwal MotoGP Katalunya: Siaran Langsung Balapan Malam Ini