Sukses

Deretan Klub Shopee Liga 1 yang Masih Andalkan Pemain Veteran

Pada ajang Shopee Liga 1 jumlah pemain uzur kian tergerus. Kendati demikian, bukan berarti para pemain senior kehilangan menit bermain.

Jakarta - Faktor usia dalam dunia sepak bola, terkadang tak terlalu penting untuk dipersoalkan. Termasuk di Shopee Liga 1 2019.

Berderet pesepak bola masih sanggup bermain, bahkan dalam performa yang optimal, alih-alih pensiun karena umurnya makin menua.

Memasuki usia 35, banyak pesepak bola mengerti persaingan di divisi tertinggi kian keras. Dua pilihan pun mengapung, antara gantung sepatu atau rela turun kasta bermain di level kedua.

Pada Liga 1 2019 jumlah pemain uzur kian tergerus. Keberadaannya dapat dihitung secara manual. Maklum, kehadiran pesepak bola senior lazimnya bukan lagi menjadi andalan. Melainkan, untuk berbagi pengalaman dan menjadi motivator untuk pemain muda.

Kendati demikian, bukan berarti para pemain senior kehilangan menit bermain. Sejumlah klub masih mengandalkan pesepak bola veteran untuk bertanding sejak awal.

Ismed Sofyan (39 tahun) dan Supardi Nasir (36 tahun) di Persija Jakarta dan Persib Bandung, misalnya. Keduanya adalah pilihan pertama di klubnya masing-masing.

Berikut Bola.com merangkum sederet klub yang mengoleksi pemain di atas 35 tahun pada Liga 1 2019:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Persija Jakarta

Persija Jakarta punya kuartet mantan pemain Timnas Indonesia di skuatnya dalam beberapa musim terakhir. Terdapat Ismed Sofyan (39 tahun), Bambang Pamungkas (38 tahun), dan Maman Abdurrahman (37 tahun).

Meski telah berusia senja, Maman dan Ismed mampu mengoleksi 25 penampilan pada musim lalu. Sedangkan Bambang, hanya tampil pada 13 pertandingan.

 

3 dari 4 halaman

Madura United

Madura United memiliki dua pemain veteran di skuatnya musim ini. Alberto Goncalves yang telah berusia 38 tahun, didatangkan dari Sriwijaya FC.

Tim berjulukan Laskar Sapeh Kerrab tersebut telah mempunyai Slamet Nurcahyo, yang usianya memasuki 35 tahun. Pada musim lalu, Beto mampu membukukan 11 gol, dengan Slamet mengoleksi 30 laga.

4 dari 4 halaman

Persib Bandung

Mirip dengan Madura United, Persib mengoleksi dua pemain veteran dalam skuatnya. Meliputi I Made Wirawan (37 tahun) dan Supardi Nasir (36 tahun). Nama terakhir bahkan didaulat sebagai kapten tim.

Sayang, Made banyak menghuni bangku cadangan pada musim lalu setelah kalah bersaing dengan Muhammad Natshir. Kiper asal Bali itu cuma mengemas delapan pertandingan.

Predikat tua-tua keladi layak disematkan kepada Supardi. Eks pemain PSMS Medan ini dipercaya tampil pada 27 penampilan pada Liga 1 2018.

 

Sumber: Bola.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.