Sukses

6 Pemain Muslim yang Bakal Bertarung di Final Liga Champions

Jakarta - Liverpool dan Tottenham Hotspur bertemu di final Liga Champions. Pertandingan tersebut berlansung di Estadio Wanda Metropolitano, 1 Juni mendatang. 

Keduanya tampil di partai puncak setelah melewati laga dramatis. Liverpool berhasil mengalahkan Barcelona dengan agregat 4-3, sementara Tottenham Hotspur mengalahkan Ajax Amsterdam 3-2. 

Seperti pada dua musim terakhir, final Liga Champions berlangsung tepat pada bulan Ramadan. Baik Liverpool maupun Tottenham Hotspur memiliki pemain beragama Islam.

Para pemain muslim ini menghadapi dilema apakah akan tetap berpuasa atau tidak. Sebab, laga final akan berlangsung ketat dan akan menguras fisik.

Dokter tim masing-masing memang sudah menyarankan pemain tidak berpuasa dan menggantinya pada hari lain. Pada final Liga Champions musim lalu, striker Liverpool, Mohamed Salah, juga tidak berpuasa.

Ia sempat kukuh untuk menjalankan puasa. Namun, cuaca pada musim panas membuat pemain disarankan untuk berpuasa pada lain hari. Pada musim panas di Eropa, umat Islam berpuasa lebih dari 15 jam karena matahari tenggelam pada pukul 21.30 malam.

Tahun ini, bulan puasa jatuh pada pertengahan musim semi. Waktu berbuka ialah pada pukul 20.45, sementara imsak pada pukul 03.23. Itu berarti mereka akan berpuasa sekitar 16 jam.

Berikut pemain muslim yang menghadapi final Liga Champions bersamaan dengan bulan suci Ramadan:

2 dari 3 halaman

4 Pemain Liverpool

Dua pemain bintang Liverpool, Mohamed Salah dan Sadio Mane adalah pesepakbola muslim yang sering menunjukkan identitasnya melalui perayaan gol dengan selebrasi sujud sebagai tanda rasa syukur.

Mereka kembali menghadapi dilema apakah akan tetap berpuasa saat final atau menggantinya pada lain hari. Pada final musim lalu, Salah tidak berpuasa. Sedangkan untuk final musim ini, keputusan ada di tangan Salah dan Mane.

Gelandang Liverpool, Xherdan Shaqiri berselebrasi setelah akhir laga kedua semifinal Liga Champions 2018/19, melawan Barcelona di Anfield, Selasa (7/5/2019).  Liverpool sukses melaju ke final Liga Champions usai tampil sensasional menghajar Barcelona 4-0. (REUTERS/Phil Noble)

Sebelumnya, Salah mengabarkan bahwa akan tetap berpuasa pada final Liga Champions. Namun, tim medis dan fisioterapi Liverpool telah memberi saran kepada Mohamed Salah dan Sadio Mane. Mereka dianjurkan untuk tidak berpuasa agar memiliki tenaga yang cukup.

Mohamed Salah dan Sadio Mane akan sangat dibutuhkan Liverpool untuk menggempur pertahanan Tottenham Hotspur.

Selain Salah dan Sadio Mane, ada dua lagi pemain muslim di Liverpool. Mereka adalah Xherdan Shaqiri dan Naby Keita. Shaqiri kemungkinan akan tampil. Namun, Naby Keita belum pasti karena masih dalam penyembuhan cedera.

3 dari 3 halaman

Dua Pemain Spurs

Tottenham Hotspur juga memiliki pemain yang beragam Islam, yakni Moussa Sissoko dan Serge Aurier. Keduanya dinilai taat beribadah puasa. Dalam Instagram pribadi, Moussa Sissoko menyambut kedatangan bulan Ramadan pada hari pertama puasa.

Pada final Liga Champions, Moussa Sissoko dan Serge Aurier disarankan tidak berpuasa dan mengganti pada hari lain. 

Belajar dari pengalaman semifinal, Spurs mampu mengalahkan Ajax Amsterdam. Pada laga semifinal, tiga pemain Ajax, Noussair Mazroul, Hakim Ziyech, dan Zakaria Labyard, berpuasa selama lebih dari 12 jam.

Mereka hanya mengonsumsi cairan setelah 15 menit kick-off saat Ajax melawan Tottenham Hotspur. 

 

Sumber: Bola.com

Loading
Artikel Selanjutnya
Ingin Sukses, MU Diminta Tiru Kebijakan Transfer Liverpool
Artikel Selanjutnya
Wasit Final Liga Champions Bawa Sial Liverpool