Sukses

Menpora Dukung Penuh FORNAS Kelima di Samarinda

Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat Nasional (FORNAS) kelima yang digelar di Samarinda, Kalimantan Timur, 15-18 November 2019.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi mendukung Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat Nasional (FORNAS) kelima yang digelar di Samarinda, Kalimantan Timur, 15-18 November 2019.

Mengusung tema Pemberdayaan Olahraga Rekreasi Masyarakat mendukung kesuksesan pembangunan SDM Indonesia, FORNAS kali ini mengusung logo cukup dinamis. Di mana terdapat latar pelangi dengan lima selendang emas yang mengartikan jumlah pelaksanaan FORNAS yang telah memasuki edisi kelima.

Pose dua orang pahlawan dan perwakilan lima cabang induk organisasi yang berhimpun di FORNAS juga menjadi penghias logo. Kesan yang menggambarkan jika induk-induk cabor yang bernaung tersebut siap bertanding dan menjadi yang terbaik.

"Ya ini bagus, kita juga harus mendorong organisasi seperti FORMI (induk organisasi FORNAS) maupun organisasi olahraga rekreasi ini harus mendapatkan tempat sampai kemudian ada pekan olahraga. Ini kita dorong agar anak-anak kita terbiasa bergerak terbiasa untuk olahraga, olahraga apa saja," kata Imam Nahrawi.

"FORMI juga nanti akan mempromosikan berbagai macam olahraga rekreasi masyarakat yang dulunya tumbuh di masyarakat yang sekarang tentu harus kita dorong dan modifikasi kembali," ujar Menpora asal Bangkalan Jawa Timur tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Maskot Pesut Mahakam

Sedangkan untuk maskot, FORNAS kelima ini memilih sosok Pesut Mahakam yang populiasinya kian terancam. Padahal, mamalia tersebut memiliki keahlian mendeteksi dan menghindari rintangan, sejalan dengan para peserta yang berjumlah 15 ribu orang siap menjadi yang terbaik di FORNAS kelima ini.

"FORNAS ini adalah PON-nya olahraga masyarakat, olahraga rekreasi. Jadi di sama itu akan hadir sekitar 64 induk olahrga yang berhimpun di FORMI, dan mereka akan menampilkan berbagai keunikan, berbagai olahraga yang mereka miliki dari olahraga tradisional, seni budaya samapai olahraga kesehatan dan kebugaran sampai olaharaga anak-anak muda, yaitu olahraga petualang dan tantangan," ujar Ketua FORMI, Hayono Isman.

Para peserta yang akan terlibat di FORNAS kelima ini meliputi 37 induk organisasi olahraga. Serta 10 cabang olahraga kearifan lokal yang bernaung di FORMI dari 34 provinsi di seluruh Indonesia.

Bahkan, beberapa cabang olahraga yang akan dipertandingkan telah menjadi olahraga prestasi di Indonesia. Hal itu dibuktikan dengan kesuksesan meraih medali di ajang Asian Games 2018.

Seperti pencak silat, dayung, sepeda BMX, panjat tebing, skateboar, binaragafisik hingga olahraga baru yang langsung diganderungi masyarakat yakni e-Sport.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.