Sukses

Deretan 3 Klub Kuda Hitam di Piala Presiden 2019

Jakarta - Arema FC akhirnya menjadi juara Piala Presiden 2019. Di partai final Tim Singo Edan menang atas Persebaya Surabaya dalam turnamen yang digelar selama 41 hari tersebut.

Edisi 2019 ini diikuti 20 tim yang terbagi dalam lima grup. Sama seperti edisi-edisi sebelumnya, Piala Presiden 2019 juga menghadirkan kejutan-kejutan tersendiri.

Statistik mencatat, sebanyak 124 gol tercipta dalam 40 pertandingan Piala Presiden 2019. Jumlah tersebut menjadi yang paling terbanyak sepanjang sejarah Piala Presiden.

Selain itu, beberapa klub-klub besar juga tak mampu lolos dari babak penyisihan semisal Persib Bandung, PSM Makassar, Bali United, hingga Persipura Jayapura. Hal ini menjadi bukti telah mulai meratanya kekuatan di antara tim-tim peserta.

Klub-klub yang tidak diperhitungkan justru mampu memberikan kejutan dengan mendepak klub besar dan lolos ke babak knockout. Situasi ini yang membuat Piala Presiden 2019 bisa dibilang menjadi yang paling kompetitif.

Lantas, siapa saja tim yang tampil mengejutkan? Berikut ini tiga tim kuda hitam yang mampu mencuri perhatian di Piala Presiden 2019 versi Bola.com:

2 dari 4 halaman

Kalteng Putra

Para pemain Kalteng Putra merayakan gol yang dicetak Patrich Wanggai ke gawang Persija Jakarta pada laga perempat final Piala Presiden 2019 di Stadion Patriot, Bekasi, Kamis (28/3). Persija kalah adu penalti dari Kalteng. (Bola.com/Yoppy Renato)

Berstatus sebagai tim promosi Liga 1 2019, Kalteng Putra berhasil mencuri perhatian publik ketika bermain di Piala Presiden 2019. Berada di Grup C bersama Persipura Jayapura, PSIS Semarang, dan PSM Makassar, pasukan Enggang Borneo berhasil lolos dengan status juara grup.

Pada babak perempat final, pasukan Gomes de Oliviera itu sukses mendepak Persija Jakarta melalui drama adu penalti dengan skor 4-3. Sayang, Dewi Fortuna tidak berpihak pada Kalteng Putra pada semifinal.

Kalteng Putra dipaksa tersingkir dengan agregat 0-6 oleh Arema FC. Meski begitu, sebagai tim promosi dan berhasil mencapai babak semifinal adalah sesuatu yang membanggakan untuk Kalteng Putra.

3 dari 4 halaman

Madura United

Bek kiri Madura United, Alfatah Faathier (kanan), berebut bola dengan Irfan Jaya dalam pertandingan di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Rabu (3/4/2019). (Bola.com/Aditya Wany)

Madura United berhasil menjadi tim kejutan di Piala Presiden 2019. Bermodalkan pemain-pemain kelas satu sepak bola Indonesia, Laskar Sape Kerrap berhasil menjadi semifinalis.

Madura United melaju ke babak knockout dengan predikat peringkat kedua terbaik dari Grup D. Pasukan Dejan Antonic tak terkalahkan dengan meraih tujuh poin hasil dua kemenangan dan sekali imbang.

Pada babak perempat final, Madura United sukses mendepak Persela Lamongan dengan skor 2-1. Namun, laju Madura United terhenti sampai semifinal karena didepak Persebaya Surabaya dengan agregat 2-4. Meski begitu, menjadi semifinalis adalah pencapaian terbaik Madura United di Piala Presiden.

4 dari 4 halaman

Tira Persikabo

Para pemain Tira Persikabo, merayakan gol yang dicetak oleh Osas Saha, ke gawang Perseru Serui pada laga Piala Presiden 2019 di Stadion Si Jalak Harupat, Jawa Barat, Kamis (7/3). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Tira Persikabo menjadi tim yang cukup mengejutkan di Piala Presiden 2019. Pasukan asuhan Rahmad Darmawan itu berhasil mendepak Persib Bandung dan mendampingi Persebaya Surabaya ke fase knockout melalui status runner-up terbaik dari Grup A.

Sepanjang babak penyisihan, Tira Persikabo sukses mengumpulkan tujuh poin hasil dua kali menang dan sekali imbang. Hal itulah yang mengantarkan Tira Persikabo ke fase knockout.

Pada babak perempat final, mereka kembali berjumpa dengan Persebaya. Namun, kali ini Tira Persikabo harus menyerah 1-3 sekaligus tersingkir dari Piala Presiden 2019.

Sumber: Bola.com

Loading
Artikel Selanjutnya
Piala Presiden 2019: Panggung Pemain Uzur
Artikel Selanjutnya
Jelang Musim Baru, Madura United Berencana Depak Pemain Asing