Sukses

3 Kiper Terbaik di Piala Presiden 2019

Jakarta - Piala Presiden 2019resmi berakhir pada Jumat (12/4/2019) dengan Arema FC keluar sebagai juara. Meskipun sebatas turnamen pramusim, Piala Presiden banyak menyajikan penampilan pemain-pemain berkualitas, termasuk posisi penjaga gawang.

Sebanyak 124 gol tercipta dalam 40 pertandingan di Piala Presiden 2019. Artinya, dalam satu pertandingan Piala Presiden tahun ini rata-rata tercipta 3,1 gol.

Namun, jumlah gol yang tercipta bisa saja lebih banyak jika klub-klub peserta Piala Presiden 2019 memiliki kiper dengan kualitas buruk. Pada kenyataannya, klub peserta Piala Presiden menurunkan kiper dengan kualitas terbaik.

Sepanjang Piala Presiden 2019 penonton disuguhi aksi kiper-kiper terbaik. Aksi penyelamatan yang dilakukan tak jarang membuat penonton dan pemain gemas.

Sayangnya, panitia penyelenggara tidak menyertakan penghargaan sarung tangan emas. Penghargaan yang layak diberikan kepada kiper dengan penampilan terbaik di Piala Presiden 2019.

Lantas, siapa saja kiper yang mencuri perhatian? Berikut ini 3 kiper yang memberikan penampilan terbaik sepanjang Piala Presiden 2019 versi Bola.com:

2 dari 4 halaman

Kartika Ajie (Arema FC)

Kartika Ajie ketika Arema melawan Persita dalam laga Piala Presiden 2019 di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang (13/3/2019). (Bola.com/Iwan Setiawan)

Kartika Ajie menjadi pahlawan Arema FC dalam meraih gelar di Piala Presiden 2019. Di bawah komandonya, gawang Singo Edan menjadi salah satu yang paling sulit ditembus di Piala Presiden 2019.

Kiper berusia 22 tahun itu mencatatkan enam penampilan di Piala Presiden 2019. Kartika Ajie tercatat hanya kebobolan tiga gol dan mencatatkan empat clean sheets.

Pada pertandingan final kedua Piala Presiden 2019, Kartika Ajie tampil apik di bawah mistar gawang Arema dengan mencatatkan enam penyelamatan. Hal itu pula yang membuat Arema pada akhirnya mampu meraih gelar Piala Presiden 2019.

3 dari 4 halaman

Muhammad Ridho (Madura United)

Muhammad Ridho Djazulie, kiper Madura United. (Bola.com/Aditya Wany)

Muhammad Ridho menjadi tembok kukuh terakhir di Madura United. Sepanjang Piala Presiden 2019, M. Ridho mencatatkan lima penampilan dengan koleksi 471 menit bermain.

Di bawah kawalannya, gawang Madura United hanya kebobolan enam gol dan tercatat clean sheets sebanyak 2 kali. Ridho juga banyak melakukan penyelamatan gemilang pada Piala Presiden 2019.

Sayang, performa apiknya di bawah mistar gawang tak sejalan dengan pencapaian Madura United. Klub asal Pulau Garam hanya mencapai semifinal Piala Presiden 2019 setelah kalah agregat 4-2 dari Persebaya Surabaya.

4 dari 4 halaman

Shahar Ginanjar (Persija Jakarta)

Kiper Persija, Shahar Ginanjar, merayakan kemenangan atas Persela pada laga Liga 1 di SUGBK, Jakarta, Selasa (20/11). Persija menang 3-0 atas Persela. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Shahar Ginanjar memang tak mendapatkan banyak kesempatan bermain di Piala Presiden 2019. Kiper berusia 28 tahun itu hanya bermain sebanyak 2 kali bersama Persija Jakarta.

Namun, Shahar Ginanjar tercatat hanya kebobolan sekali dalam dua pertandingan tersebut. Persija Jakarta pun tidak pernah kalah ketika gawangnya di kawal Shahar Ginanjar dalam 90 menit pertandingan.

Akan tetapi, Shahar Ginanjar gagal mengantarkan Persija Jakarta melaju jauh di Piala Presiden 2019. Klub asal ibu kota Jakarta itu terhenti di babak perempat final karena kalah dalam drama adu penalti dengan skor 3-4. Ketika itu, Shahar Ginanjar hanya mampu menahan satu tendangan penalti.

Loading
Artikel Selanjutnya
Jadi Top Scorer Piala Presiden 2019, Gelandang Persija Belum Puas
Artikel Selanjutnya
CEO Persija Sanjung Jakmania Raih Predikat Suporter Terbaik di Piala Presiden 2019