Sukses

3 Bek Paling Tangguh di Piala Presiden 2019

Jakarta Kota Malang berpesta. Trofi Piala Presidenkembali ke Kota Apel untuk kali kedua. Di final, Arema FC berhasil membungkam Persebaya Surabaya dengan kemenangan agregat 4-2.

Piala Presiden 2019 adalah trofi kedua Arema FC dari empat kali edisi turnamen pramusim ini.

Perayaan juara Arema FC makin semarak ketika dua pemainnya meraih penghargaan individual Piala Presiden 2019. Kapten Hamka Hamzah dipilih sebagai pemain terbaik turnamen, sedangkan Ricky Kayame menjadi pencetak gol terbanyak lewat koleksi lima bersanding bersama Bruno Matos (Persija Jakarta) dan Manuchehr Jalilov (Persebaya).

Terpilihnya Hamka Hamzah sebagai pemain terbaik merupakan kejutan. PSSI sebelumnya merilis enam calon pemain terbaik Piala Presiden 2019, namun tidak ada nama bek berusia 35 tahun tersebut.

Hamka Hamzah juga menjadi satu-satunya seorang bek yang memenangi penghargaan pemain terbaik Piala Presiden. Sebelumnya, pemain yang keluar sebagai best player adalah Zulham Zamrun (gelandang) pada 2015, Adam Alis Setyano (gelandang) 2017, dan Marko Simic (penyerang) 2018.

Termasuk Hamka Hamzah, berikut Bola.com merangkum tiga bek tertangguh di Piala Presiden 2019:

2 dari 4 halaman

Hamka Hamzah (Arema FC)

Status sebagai kapten, pemimpin, dan legenda Arema FC sangat layak diemban Hamka Hamzah. Perannya di lini belakang tim berjulukan Singo Edan ini begitu vital.

Hamka Hamzah adalah pemain utama Arema FC sekaligus kapten tim. Kepemimpinannya di lapangan begitu berpengaruh terhadap permainan Singo Edan.

Berkat duetnya bersama Arthur Cunha di jantung pertahanan, Arema FC hanya kemasukan enam gol sepanjang Piala Presiden 2019.

3 dari 4 halaman

Arthur Cunha (Arema FC)

Ketangguhan lini belakang Arema FC bukan lantaran peran Hamka Hamzah saja. Ada juga pengaruh Arthur Cunha dalam mematikan pergerakan pemain lawan.

Kualitas Cunha sangat teruji di kancah sepak bola Indonesia. Pemain asal Brasil itu telah berkompetisi di Tanah Air sejak 2015.

Cunha merupakan seorang bek bertipikal lugas dan disiplin ketika mengadang pemain lawan. Perpaduan kapasitasnya dengan Hamka Hamzah membuat lini belakang Arema FC makin garang.

4 dari 4 halaman

Hansamu Yama (Persebaya Surabaya)

Bek tangguh lainnya di Piala Presiden 2019 versi Bola.com adalah Hansamu Yama. Pemain berusia 24 tahun ini punya segala kualitas untuk menjadi pemain belakang yang konsisten.

Permainan disiplin adalah ciri khas Hansamu Yama. Bermodalkan postur tubuh 181 cm, pemain Timnas Indonesia ini juga lihai dalam duel udara.

Loading
Artikel Selanjutnya
Jadi Top Scorer Piala Presiden 2019, Gelandang Persija Belum Puas
Artikel Selanjutnya
Djanur Sesalkan 4 Peluang Emas Persebaya Gagal Berbuah Gol di Final Piala Presiden