Sukses

Di India, Real Madrid Vs Barcelona Bisa Ditonton Lewat Facebook

Liputan6.com, Jakarta - Kabar baik menghampiri para pecinta La Liga di India. Mereka kini bisa menyaksikan pertandingan Liga Spanyol secara gratis lewat media sosial, Facebook. Salah satu pertandingan yang bakal ditayangkan adalah Real Madrid vs Barcelona, (Sabtu 2/3/2019).

El Clasico ini juga akan berlangsung di Santiago Berbabeu. Pertandingan hanya berselang dua hari setelah Real Madrid dipaksa menyerah 0-3 atas Barcelona di leg kedua semifinal Copa del Rey. Real Madrid gagal melaju ke final setelah kalah agregat 1-4.

Kesempatan langka ini tidak lepas dari kesepakatan yang diambil pengelola La Liga dengan Faecebook, pada bulan Agustus lalu. Pertemuan ini menghasilkan keputusan di mana masyakarat India mendapat akses untuk menyaksikan duel-duel La Liga secara gratis di Facebook untuk tiga musim ke depan, meski tidak seluruhnya ditayangkan live.

Namun langkah ini sebenarnya bukan hal baru. Sebab Facebook sudah merambah dunia livestreaming tayangan olahraga sejak 2017 lalu. Saat itu, Facebook mulai dengan tayangan Major League Baseball mingguan dan menganggap India sebagai pasar terbesarnya. 

"Sebagai rumah bagi dua klub olahraga terpopuler di Facebook dan beberapa pesepakbola paling ikonik di dunia, La Liga mendapat tempat yang besar pada platform kami," kata kata kepala program siaran langsung olagraga global Facebook, Peter Hutton dilansir AS.

"Popularitasnya terutama terlihat di India, jadi kami senang bisa melayani komunitas suporter di sana dengan pertandingan La Liga langsung dan gratis tiga musim ke depan."

"Kami melihat ini sebagai kesempatan luar biasa tidak hanya untuk membawa orang-orang ke pertandingan kelas dunia, tapi juga membantu La Liga menggapai pemirsa dan juga meningkatkan popularitasnya yang jadi kunci bagi pengembangan pasar," kata Hutton. 

 

2 dari 3 halaman

Langkah Menjanjikan

Melalui kerjasama dengan Facebook, La Liga mampu meraih pemirsa baru dan lebih muda di negara berpendudik 1,3 Miliar itu dengan 82 persen di antaranya berusia di bawah 35 tahun. Di Inggris, tayangan livestreaming juga mendapat tempat yang cukup menjanjikan. Pada tahun 2018, Amazon mendapat hak siar bagi 20 pertandingan Liga Inggris musim 2019.

Kerjasama dengan Facebook merupakan strategi terbaru yang dilakukan La Liga dalam merambah pasarnya di India. Pada bulan September 2016 lalu, La Liga sudah lebih dulu membuka kantor di New Delhi. La Liga telah melihat peluang besar menambah popularitas di negara terpadat kedua di dunia tersebut. Ini terlihat dari peningkatan jumlah pengikut di laman Facebook La Liga yang meningkat dari 300 ribu menjadi 3,5 juta sejak tahu 2016. 

"El Clasico (Real Madrid vs Barcelona) adalah salah rivalitas terbesar bukan hanya di La Liga, tapi di dunia, dengan persaingan agresivitas antarklub dan tentu saja di tambah dengan sejarah kejayaannya," ujar Jose Antonio Cachaza, managing direktur La Liga India. 

"Ini merupakan kesempatan yang sempurna bagi para pecinta sepak bola di India untuk mendapat pengalaman menonton pertandingan sepak bola secara langsung dan gratis di Facebook yang penuh dengan kemudahan dan kenyamanan," beber Chachaza. 

3 dari 3 halaman

Jadwal La Liga

Sabtu, 23 Februari

19.00 WIB Getafe vs Rayo Valecano

22.15 WIB Sevilla vs Barcelona

Minggu, 24 Februari

00.30 WIB Deportivo Alaves vs Celta de Vigo

02.45 WIB Athletic Bilbao vs Eibar

18.00 WIB Leganes vs Valencia

22.15 WIB Atletico Madrid vs Villareal

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Bobol Gawang Real Madrid, Luis Suarez Dapat Pujian Pelatih Barcelona
Artikel Selanjutnya
Sambangi Indonesia, Carles Puyol dan Alessandro Del Piero Semarakkan Tur Trofi Liga Champions