Sukses

Liga Champions: Data dan Fakta Atletico Madrid vs Juventus

Liputan6.com, Jakarta - Atletico Madrid menghadapi Juventus pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions 2018/19, Kamis (21/2/2019). Berikut data dan fakta pertandingan di Wanda Metropolitano ini.

* Atletico Madrid dan Juventus baru pernah berhadapan dua kali, yakni di fase grup Liga Champions 2014/15. Atletico menang 1-0 lewat gol tunggal Arda Turan di kandang sendiri, lalu imbang 0-0 di Turin.

* Diego Simenone (pelatih Atletico Madrid) pernah bermain untuk Pisa, Inter Milan dan Lazio di italia. Dia juga turut 'membantu' Juventus meraih Scudetto Serie A pada Mei 2002, ketika mencetak gol dalam kemenangan 4-2 Lazio atas Inter pada pekan terakhir, yang membuat Bianconeri bisa menyalip Inter untuk merebut posisi teratas.

* Mario Mandzukic (Juventus) pernah semusim memperkuat Atletico Madrid, mencetak 12 gol dalam 28 penampilan di La Liga, sebelum gabung Juventus pada 2015. Dia juga bermain melawan Juventus di fase grup Liga Champions 2014/15.

* Alvaro Morata bergabung dengan Atletico Madrid dari Chelsea di bursa transfer Januari kemarin. Dia pernah bermain untuk Juventus antara 2014 dan 2016, mencetak 27 gol dalam 93 penampilan untuk Bianconeri di semua kompetisi, termasuk di dua leg semifinal (lawan Real Madrid) dan di final (lawan Barcelona) Liga Champions 2014/15.

* Cristiano Ronaldo (Juventus) pernah bermain untuk rival sekota Atletico Madrid, yakni Real Madrid antara 2009 dan 2018. Ronaldo mencetak 311 gol dalam 292 penampilan di La Liga, serta meraih empat gelar juara Liga Champions bersama Los Blancos.

* Cristiano Ronaldo telah mencetak 22 gol dalam 31 penampilan melawan Atletico Madrid di semua kompetisi (M14 S9 K8). Itu termasuk satu gol di final Liga Champions 2013/14 dan hat-trick di leg pertama semifinal Liga Champions 2016/17.

2 dari 3 halaman

Statistik Atletico Madrid

* Atletico Madrid telah mencapai dua final Liga Champions dan tiga final Liga Europa dalam sembilan musim terakhir.

* Dalam lima partisipasinya di babak 16 besar Liga Champions, Atletico Madrid lolos empat kali dan hanya tersingkir sekali. Satu-satunya kegagalan terjadi pada momen pertama, yakni melawan Porto pada 2008/09. Terakhir, mereka menang agregat 4-2 atas Bayer Leverkusen (4-2 tandang, 0-0 kandang) di musim 2016/17.

* Rekor Atletico Madrid dalam partai knockout dua leg melawan tim-tim Italia adalah M4 K4. Terakhir, Atletico Madrid mengalahkan AC Milan dengan agregat 5-1 (1-0 tandang, 4-1 kandang) di babak 16 besar Liga Champions 2014/15.

* Atletico Madrid tak terkalahkan dalam 12 laga kandang terakhirnya di fase knockout Liga Champions (M7 S5 K0), sejak ditekuk Ajax 2-3 (agregat 3-4) di leg kedua babak perempat final musim 1996/97.

* Atletico Madrid selalu menang dalam lima laga kandang terakhirnya melawan tim-tim Italia. Terkini, mereka mengalahkan AS Roma 2-0 lewat gol-gol Antoine Griezmann dan Kevin Gameiro di fase grup Liga Champions musim lalu.

* Atletico Madrid tak terkalahkan dalam sembilan laga terakhirnya melawan tim-tim Italia, kandang dan tandang (M7 S2 K0), sejak takluk 0-2 di markas Udinese di fase grup Liga Europa 2011/12.

* Atletico Madrid selalu menang dalam delapan laga kandang terakhirnya di Eropa. Kemenangan 3-1 atas Club Brugge pada matchday 2 adalah satu-satunya kegagalan mereka meraih clean sheet selama periode tersebut.

* Atletico Madrid hanya kalah sekali dalam 21 laga kandang terakhirnya di Eropa (M17 S3 K1), yakni 1-2 melawan Chelsea pada matchday 2 musim lalu.

* Atletico Madrid memenangi ketiga laga kandangnya di fase grup musim ini: 3-1 vs Club Brugge, 2-0 vs Borussia Dortmund, 2-0 vs AS Monaco.

* Atletico Madrid hanya kalah dua kali dalam 20 laga terakhirnya di kompetisi Eropa (M13 S5 K2).

* Atletico Madrid hanya menang empat kali dalam sembilan laga terakhirnya di semua kompetisi (M4 S3 K2). Mereka sempat kalah beruntun lawan Real Betis (0-1) dan Real Madrid (1-3) sebelum menjinakkan tuan rumah Rayo Vallecano 1-0 lewat gol tunggal Antoine Griezmann akhir pekan kemarin.

* Kekalahan 1-3 dalam derby melawan Real Madrid pada 9 Februari 2019 lalu adalah hasil negatif kandang pertama Atletico Madrid di semua kompetisi musim ini (M13 S3 K1).

* Atletico Madrid hanya kebobolan lima gol dalam 14 laga kandang pertamanya di semua kompetisi musim ini. Namun dalam tiga laga kandang terakhirnya, Atletico Madrid sudah kebobolan enam gol (3-3 vs Girona, 2-0 vs Getafe, 1-3 vs Real Madrid).

* Antoine Griezmann mencetak sepuluh gol dalam 11 penampilan terakhirnya untuk Atletico Madrid. Gol kontra Rayo Vallecano akhir pekan kemarin adalah golnya yang ke-130 untuk Atletico Madrid. Dia menyalip Fernando Torres sebagai pencetak gol terbanyak ke-5 dalam sejarah Atletico Madrid.

* Absen di leg kedua jika mendapatkan kartu kuning di laga ini: Angel Correa, Diego Costa, Filipe Luis, Jose Gimenez, Thomas Partey.

3 dari 3 halaman

Statistik Juventus

* Ini adalah partisipasi ke-10 Juventus di babak 16 besar Liga Champions. Juventus memenangi dua yang terakhir. Musim lalu, mereka menyingkirkan Tottenham dengan agregat 4-3 (2-2 kandang, 2-1 tandang).

* Rekor Juventus dalam partai dua leg melawan tim-tim Spanyol adalah M9 K7. Musim lalu, langkah mereka di Liga Champions terhenti di perempat final oleh tim Spanyol, yakni Real Madrid (0-3 kandang, 3-1 tandang).

* Juventus memenangi dua laga tandang pertamanya di fase grup musim ini tanpa kebobolan (2-0 vs Valencia, 1-0 vs Manchester United), lalu takluk 1-2 di markas Young Boys pada matchday 6, tapi itu tak mencegah mereka menjuarai Grup H.

* Juventus mencatatkan lima kemenangan tandang beruntun di Liga Champions sebelum ditekuk Young Boys pada matchday 6.

* Juventus memenangi tiga laga terakhirnya melawan tim-tim Spanyol, yakni 3-1 vs Real Madrid di leg kedua perempat final Liga Champions musim lalu serta kemenangan tandang (2-0) dan kandang (1-0) atas Valencia di fase grup musim ini.

* Namun Juventus hanya menang tiga kali dalam sembilan lawatan terakhirnya ke Spanyol. Rekor tandang mereka melawan tim-tim Spanyol adalah M6 S6 K16.

* Juventus meraih tujuh kemenangan dan dua hasil imbang di Serie A sejak berakhirnya fase grup Liga Champions musim ini. Akhir pekan kemarin, Juventus mengalahkan Frosinone 3-0 di Turin. Mereka belum terkalahkan di Serie A musim ini (M21 S3 K0).

* Paulo Dybala mencetak gol pembuka Juventus ketika mengalahkan Frosinone akhir pekan kemarin. itu adalah gol Serie A pertamanya sejak 3 November 2018. Dia baru mencetak tiga gol liga musim ini, dan ketiga-tiganya tercipta di periode 11 menit pertama pertandingan.

* Cristiano Ronaldo mencetak delapan gol dalam tujuh penampilan terakhirnya untuk Juventus di liga. Dia telah mengemas 19 gol dan delapan assist di Serie A musim ini.

* Absen di leg kedua jika mendapatkan kartu kuning di laga ini: Alex Sandro, Blaise Matuidi.

 

Sumber: Bola.net

Speeboat Tabrak Pohon, 7 Penumpang Meninggal
Loading
Artikel Selanjutnya
Atletico Madrid vs Juventus, Vieri: Final Kepagian
Artikel Selanjutnya
Juventus Wajib Antisipasi Serangan Balik Atletico Madrid