Sukses

Timnas U-22 vs Myanmar: 3 Pemain Kunci Tim Garuda

Laga Timnas U-22 vs Myanmar di Piala AFF U-22 akan digelar sore ini di Kamboja.

Jakarta - Timnas U-22 Indonesia akan mengawali petualangannya di Piala AFF U-22 sore ini. Di laga pertama Grup B, Tim Garuda ditantang Myanmar di  Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja.

Turnamen ini bakal menjadi ujian pertama skuat asuhan Indra Sjafri pada 2019. Setelah ini, Andy Setyo dkk. masih harus berjibaku dalam kualifikasi Piala AFC U-23 2020 dan SEA Games 2019 di Manila.

Timnas U-22 sudah melakoni tiga laga uji coba sebelum tampil di Piala AFF U-22 2019. Hasilnya, mereka tak terkalahkan lantaran selalu meraih hasil imbang melawan tiga klub Liga 1, yaitu Bhayangkara FC, Arema FC, dan Madura United.

Meski gagal menang, banyak pihak yang menilai Timnas Indonesia U-22 sudah mulai menunjukkan permainan apik. Justru, mereka akan menunjukkan perfoma puncak begitu tampil di Piala AFF U-22.

Dari hasil uji coba itu, Indra Sjafri bisa memantau beberapa pemain yang menjadi kerangka utama tim. Meski, tidak semua pemain yang dibawa ke Kamboja mengikuti uji coba tersebut.

Di sisi lain, beberapa pemain diprediksi bakal menjadi pemain kunci dan andalanTimnas U-22  untuk laga versus Myanmar. Berikut ulasan singkat versi Bola.com.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Osvaldo Haay

Winger milik Persebaya ini termasuk pemain yang tidak mengikuti uji coba secara lengkap bersama Timnas Indonesia U-22. Penyebabnya, dia sempat menjalani undangan latihan bersama klub kasta kedua Spanyol, CD Numancia, selama 10 hari.

Namun, Osvaldo Haay sudah mengikuti pemusatan latihan sejak awal. Pelatih Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri, tetap memasukkan nama Osvaldo karena kualitas yang dimilikinya.

Pemain sayap berusia 21 tahun ini sudah teruji pernah membela berbagai level timnas, mulai level usia sampai senior. Musim lalu, dia juga menyabet gelar pemain muda terbaik Liga 1 2018.

Osvaldo sudah menyumbang sebanyak 11 gol bersama Persebaya di semua ajang. Torehan itulah yang membuatnya diyakini akan menjadi tumpuan lini depan Timnas Indonesia U-22 ketika melawan Myanmar.

3 dari 4 halaman

Hanif Sjahbandi

Gelandang sahabat baik Osvaldo Haay ini juga sudah terbukti sebagai pemain andalan Timnas Indonesia sejak beberapa waktu terakhir. Kepiawaian Hanif Sjahbandi di lapangan diperlukan buat mengatur ritme permainan.

Dalam tiga laga uji coba Timnas Indonesia U-22 jelang Piala AFF U-22 2019, Hanif sudah membuktikan itu. Saat melawan Arema (10/2/2019), Timnas Indonesia U-22 sempat bermain kurang rapi. Begitu Hanif masuk, permainan tim jadi variatif dan Hanif mencetak gol.

Pemain milik Arema ini bakal menjalani peran sentral di lini tengah Timnas Indonesia U-22. Kemungkinan dia akan bekerja dengan Todd Rivaldo Fere, Luthfi Kamal, atau Gian Zola.

4 dari 4 halaman

Asnawi Mangkualam Bahar

Pemain satu ini sempat mengalami perubahan posisi yang cukup drastis. Dia sempat bermain sebagai gelandang bersama PSM Makassar dan Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2017.

Namun, Asnawi kemudian dijajal sebagai bek kanan oleh Indra Sjafri sejak Piala AFF U-19 2018. Hasilnya, dia mampu menunjukkan kualitas sebagai bek sayap yang bisa membantu lini serang atau bertahan.

Dengan kualitasnya sebagai bek kanan, Asnawi akan menjadi opsi bagi Timnas Indonesia U-22 untuk menembus pertahanan Myanmar. Saking apiknya, Asnawi kini malah menggeser Rifad Marasabessy yang sebelumnya diandalkan Indra Sjafri di bek kanan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.