Sukses

Legenda Barcelona Kesulitan Beradaptasi di Jepang

Iniesta meraih berbagai kesuksesan bersama Barcelona.

Liputan6.com, Jakarta - Eks gelandang Barcelona Andres iniesta mengaku kesulitan beradaptasi sejak memperkuat klub Jepang Vissel Kobe. Pasalnya, budaya Jepang jauh berbeda dibandingkan Eropa.

Musim ini adalah kampanye pertama Iniesta bersama Vissel Kobe. Dia meninggalkan Barcelona karena menilai tidak lagi layak membela Barcelona karena termakan usia.

Iniesta juga memilih bermain di luar Eropa supaya tidak perlu melawan El Azulgrana suatu saat nanti.

Kepergian Iniesta tentu mengecewakan bagi Barcelona. Tidak mudah menemukan gelandang sehebat Iniesta, yang kerap kali jadi penentu kemenangan tim. Pun demikian, Iniesta memilih melanjutkan masa depannya di Jepang.

Bukan hanya bermain, Iniesta datang ke Jepang juga untuk membagi ilmu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tidak Mudah 

Menurut Iniesta, adaptasinya berjalan sulit karena kebudayaan dan adat Jepang yang begitu berbeda dengan Eropa. Dia dan keluarganya memerlukan waktu cukup lama untuk menyesuaikan diri, meski saat ini sudah merasa nyaman.

"Adaptasi saya tidak berjalan mudah, baik dalam hal olahraga maupun keluarga, sebab adat Jepang berbeda drastis dengan adat kami sendiri. Namun, saat ini, akhirnya instri dan anak-anak saya merasa kami sudah beradaptasi dan sekarang waktu untuk menikmatinya," tegas Iniesta kepada sport.

"Orang Jepang jauh lebih tenang daripada kami, dan itu terlukis pada stadion dan di lapangan. Mereka mendukung dan memprotes, tapi mereka tidak pernah sampai marah seperti yang dilakukan di Eropa."

"Sebab mereka menghadapi kekalahan dengan cara yang sangat berbeda dibanding yang kami lakukan di Eropa," sambungnya.

3 dari 3 halaman

Kekalahan Biasa

Filosofi menghadapi kekalahan itulah yang ternyata sulit diterima Iniesta. Dia jadi lebih tenang, kekalahan adalah hal biasa. Berbeda dengan saat masih membela Barca, kekalahan terasa seperti hukuman mati.

"Oke, kami kalah, lalu kenapa? Filosofi itulah yang sangat sulit untuk saya pahami dan saya terima, sebab di satu sisi mereka kompetitif, tapi di sisi lain mereka menerima kekalahan dengan cara berbeda."

"Waktu saya di Vissel Kobe jelas jauh lebih tenang daripada waktu saya di Barcelona," tandas Iniesta.

 

Sumber: Bola.net

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Andrés Iniesta adalah pesepak bola profesional Spanyol yang bermain di klub Spanyol FC Barcelona dan Tim Nasional Spanyol.
    Andrés Iniesta adalah pesepak bola profesional Spanyol yang bermain di klub Spanyol FC Barcelona dan Tim Nasional Spanyol.

    Andres Iniesta

  • Barcelona adalah salah satu klub besar dunia yang bermain di La Liga Spanyol
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya mengenai FC Barcelona yang memiliki julukan Barça

    Barcelona

  • Bola.net