Sukses

5 Calon Pengganti Cristiano Ronaldo di Timnas Portugal

Karier Cristiano Ronaldo di Timnas Portugal sepertinya tidak lama lagi.

Lisabon - Cristiano Ronaldo mulai sering absen membela Timnas Portugal di ajang internasional belakangan ini. Namun, penyerang andalan Juventus itu berjanji akan kembali merumput bersama Timnas Portugal di tahun 2019 ini. Apakah ini pertanda dia ingin gantung sepatu dari timnas negaranya?

Cristiano Ronaldo tidak pernah ambil bagian dalam setiap pertandingan timnas Portugal setelah pagelaran Piala Dunia 2018. Setelah pulang dari Rusia, Ronaldo memilih fokus dengan klub barunya Juventus.

Ronaldo sendiri sudah mencatatkan 154 caps bersama Timnas Spanyol. Ia juga mengoleksi 85 gol. Prestasi terbaiknya adalah mengantar Portugal juara Piala Eropa 2016.

Kembalinya Ronaldo tentu saja akan menjadi berita bagus buat pelatih Portugal Fernando Santos. Namun, Portugal juga harus siap ditinggal sang kapten mengingat Ronaldo saat ini sudah berusia 34 tahun.

Berikut ini lima pemain yang bisa menggantikan peran Cristiano Ronaldo di timnas Portugal seperti dilansir Fox Sports Asia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Andre Gomes

Andre Gomes sedang mengembalikan kariernya di Everton setelah menjalani periode yang buruk di Barcelona. Pada akhirnya, Gomes sudah terlihat seperti pemain yang membantu negaranya meraih kesuksesan di Euro.

Seperti Renato Sanchez, Gomes tidak masuk skuat Portugal untuk Piala Dunia. Namun, setelah menemukan kembali beberapa performa terbaiknya, sang gelandang serang tentu bisa menggantikan Ronaldo, jika mendapat kesempatan.

3 dari 6 halaman

Ruben Neves

Meski bukan bertipe penyerang seperti Ronaldo, tetapi dalam hal kualitas Neves tentu tidak ada duanya. Lebih dari sekedar seorang gelandang tengah yang suka mendistribusikan bola dan mendikte permainan, Neves sudah menjadi roda penggerak utama di setiap tim yang dibelanya, seperti Porto dan saat ini di Wolves.

Satu-satunya kemiripan Neves dengan Ronaldo mungkin adalah ia menjadi pemain terbaik di setiap klub yang dibelanya. Meski tidak masuk skuat Portugal di Piala Dunia, pemain berusia 21 tahun itu masih punya karier yang panjang untuk meraih kesuksesan yang lebih besar.

4 dari 6 halaman

Diogo Jota

Setelah menjadi bintang Wolverhampton Wanderers di Championship, Jota membawa penampilan impresifnya ke Premier League meskipun statistiknya belum terlalu mengesankan seperti musim lalu. Baru berusia 22 tahun, pemain asal Portugal itu belum tampil untuk tim nasional senior, tetapi sudah membela negaranya di level junior.

Jota berhasil mencetak hattrick pertamanya di Premier League pada musim ini dan menjadi pemain Portugal kedua yang melakukannya di Premier League setelah Ronaldo. Dengan banyak waktu di sisinya, penyerang Wolves itu pasti bisa meniru rekan senegaranya tersebut.

5 dari 6 halaman

Andre Silva

Meski gagal mencetak gol di Piala Dunia 2018, Andre Silva sudah mengurangi beban mencetak gol Cristiano Ronaldo sejak menembus tim nasional. Di level klub, ia bangkit dan mencetak gol untuk Sevilla setelah tampil buruk di Milan. Ia mencetak hat-trick saat laga debutnya serta mencetak dua gol saat mempermalukan Real Madrid 3-0 di kandang.

Silva juga mampu menggantikan absennya Ronaldo dengan mencetak 3 gol dari 6 pertandingan sejak sang kapten memutuskan menepi sejenak dari timnas. Ini artinya Silva punya karakter untuk menggantikan bintang Juventus itu begitu dia memutuskan berhenti membela negaranya

6 dari 6 halaman

Bernardo Silva

Meski tidak seproduktif Ronaldo, Bernardo Silva bisa dibilang sebagai pemain paling berbakat di Portugal setelah Ronaldo dan juga yang paling bisa diandalkan untuk membuat perubahan. Saat ini berkarier di Premier League di bawah Pep Guardiola, mantan bintang Monaco itu bermain di level tertinggi bersama salah satu pelatih terbaik - cukup mirip dengan kisah Ronaldo di United bersama Sir Alex Ferguson.

Silva sudah punya gelar juara dan pengalaman di bawah pelatih papan atas sehingga membuatnya punya pijakan bagus untuk menjadi pengganti Ronaldo. Silva mungkin adalah pilihan terbaik untuk mengambil alih tahta Ronaldo di tim nasional.

Sumber: Bola.net

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.