Sukses

Final Piala Asia 2019: Permalukan Jepang, Qatar Juara

Ini adalah gelar pertama Qatar di Piala Asia.

Liputan6.com, Abu Dhabi - Timnas Qatar berhasil menjadi juara Piala Asia 2019 usai menang 3-1 atas Jepang pada laga final di Zayed Sport City Stadium, Sabtu (1/2/2019) malam WIB. Ini adalah gelar pertama Qatar di Piala Asia.

Bermain agresif, Qatar langsung unggul saat laga baru berjalan 12 menit. Adalah Almoez Ali yang mencatatkan namanya di papan skor.

Usai menerima umpan Akram Afif dari sisi kiri, Almoez Ali mengontrol bola dengan kakinya sebelum melepaskan tendangan salto ke gawang Shuichi Gonda.

Ini adalah gol ke-9 Almoez Ali di turnamen Piala Asia 2019 dan dia sukses menyabet gelar top skorer.

(AFP)

Malapeta kembali menimpa Jepang di menit 27. Dari luar kotak penalti, Abdulaziz Hatem mengirim bola ke pojok kiri atas gawang Jepang. Skor jadi 2-0 untuk Qatar dan kedudukan ini bertahan hingga babak pertama usai.

Di babak kedua, Jepang bermain habis-habisan. Hasilnya, Takumi Minamino memperkecil kedudukan pada menit 69, usai lolos dari perangkap offside.

Namun sial bagi Jepang, Qatar sukses memperbesar keunggulan lagi melalui penalti Akram Afif di menit 83. Wasit menunjuk titik putih setelah Maya Yoshida melakukan handball di kotak terlarang.

Skor jadi 3-1 untuk Qatar dan kedudukan ini bertahan hingga laga usai. Qatar pun keluar sebagai juara Piala Asia 2019.

(AFP)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Susunan Pemain

Jepang: Shuichi Gonda, Hiroki Sakai, Takehiro Tomiyasu, Maya Yoshida, Yuto Nagatomo, Genki Haraguchi, Gaku Shibasaki, Tsukasa Shiotani, Ritsu Doan, Takumi Minamino, Yuya Osako

Qatar: Saad Al Sheeb, Abdulkarim Hasan Fadlalla, Tarek Salman, Boualem Khoukhi, Bassam Hisham, Pedro Miguel, Akram Afif, Assim Madibo, Abdulaziz Hatem, Almoez Ali, Hassan Al Haidos

Saksikan video pilihan di bawah ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.