Sukses

Gelandang City Prihatin Kasus Rasisme Menimpa Sterling

Laga Chelsea kontra Manchester City diwarnai penghinaan rasis pada Sterling.

Liputan6.com, Manchester - Ilkay Gundogan ikut prihatin dengan kejadian yang menimpa Raheem Sterling pekan lalu. Gelandang Manchester City itu dihina dengan perkataan rasis saat melawan Chelsea di Stamford Bridge.

Penyelidikan memang telah dilakukan oleh Metropolitan Police yang bekerja sama dengan FA dan pihak Chelsea. Setidaknya empat fans Chelsea telah ditangkap dan diproses berdasarkan aturan yang berlaku.

Gundogan sendiri pernah mengalami masalah yang sekarang dihadapi Sterling. Sebelum Piala Dunia 2018 lalu, Gundogan jadi sasaran kritik suporter Jerman karena dia berfoto bersama presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan.

Alhasil, selama Piala Dunia berlangsung, Gundogan selalu diserang kritik rasial yang mengatakan dia tak pantas membela timnas Jerman.

"Tentu saja itu [pelecehan rasial] adalah sesuatu yang harus kita lawan, kita harus memainkan peran individu kita untuk membuat situasi jadi lebih baik bagi semua orang. Kita harus mengatasi itu," ungkap Gundogan dilansir Sky Sports.

"Itu tidak mudah, karena saya juga mengalaminya pada musim panas lalu. Saya tahu bagaimana rasanya dan itu menyakitkan."

"Namun, pada akhirnya kami tak punya pilihan selain untuk tetap kuat dan mencoba melewati masalah itu serta melakukan yang terbaik di lapangan. Untuk terus sukses, itulah yang penting," ujarnya menambahkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Puji Sikap Sterling

Lebih lanjut, Gundogan juga memuji sikap Sterling dalam mengatasi masalah itu. Dia menilai Sterling telah mengambil sikap yang tepat dengan tidak membesar-besarkan masalah itu yang justru akan memuaskan pelaku.

"Sejujurnya, dia [Sterling] bersikap normal. Saya pikir dia telah menjelaskan maksudnya dengan jelas melalui Instagram, memberi pernyataan soal itu."

"Ini [pelecehan rasial] jelas adalah sesuatu yang tidak bisa diterima di mana pun di dunia ini tetapi itu memang terjadi," ujarnya.

Sumber: Bola.net

Saksikan video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.