Sukses

Prediksi PSM Makassar Vs PSMS Medan: Usung Ambisi Berbeda

Jakarta - PSM Makassar dan PSMS Medan  sama-sama mengejar tiga poin dengan misi berbeda di pekan terakhir Gojek Liga 1 bersama Bukalapak di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin, Makassar, Minggu (9/12/2018). PSM harus menang untuk menjaga peluang meraih trofi juara. Sementara PSMS butuh tiga poin untuk mewujudkan asa bertahan di Liga 1 musim depan.

Menariknya, siapa pun yang menang, target tidak otomatis tercapai karena nasib keduanya bergantung pada tim lain.

PSM berharap Persija tergelincir di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, saat menjamu Mitra Kukar. Sementara PSMS menunggu hasil yang digapai Sriwijaya FC, Mitra Kukar, Perseru Serui, dan PS Tira.

Itulah mengapa, pelatih PSM, Robert Alberts, mengaku skuatnya hanya fokus menghadapi PSMS.

"Kami butuh kemenangan karena PSM masih berada di jalur juara. Tapi, yang terpenting dari semuanya, seluruh elemen tim ingin menghibur suporter PSM di pengujung kompetisi," kata Robert.

Menghadapi PSMS, Robert bisa memainkan mayoritas pemainnya. Hanya Hasim Kipuw yang absen karena sanksi kartu merah yang didapatnya saat PSM dijamu Bhayangkara FC di Stadion PTIK pada pekan ke-33 (3/12/2018).

Absennya Hasim tidak dipermasalahkan Robert karena dia memiliki pengganti sepadan, yakni Zulkifli Syukur, yang spesialisasi bek kanan.

Sementara di tengah, Robert bernapas lega seusai mendapatkan rekomendari dari tim medis terkait cedera yang dialami Marc Klok. "Cedera bahu Marc sudah pulih. Dia akan menjadi petarung di tengah," ungkap Robert.

Begitu pula di lini depan, cedera engkel Alessandro Ferreira Reinaldo sudah tidak bermasalah. Peran striker Timnas Hong Kong ini dibutuhkan untuk menguras stamina dan konsentrasi lini belakang PSMS karena striker utama PSM Ferdinand Sinaga, hanya siap bermain paling lama 30 menit.

"Seperti partai sebelumnya, saya hanya memberi jatah 30 menit buat Ferdinand. Dia belum kuat tampil penuh karena cederanya. Tapi, saya butuh peran Ferdinand andai kami kesulitan mencetak gol," jelas sang pelatih.

2 dari 3 halaman

Kebanggaan PSMS

Kondisi berbeda dialami pelatih PSMS, Peter Butler. Pada pertandingan nanti, Butler tidak bisa memainkan Shohei Matsunaga, Roni Fatahillah, dan Fredyan Sugiantoro yang terjerat sanksi kartu. Meski dalam situasi sulit, Butler tetap yakin PSMS akan memberikan perlawanan sengit kepada PSM.

"Tim ini didominasi pemain muda. Berbeda dengan PSM yang bermaterikan pemain berpengalaman. Tapi, saya akan memanfaatkan situasi ini untuk membangkitkan motivasi pemain," kata Butler.

Butler menekankan ke pemainnya, kemenangan atas PSM bakal menjadi kebanggaan tersendiri buat PSMS. "Memang tidak mudah mewujudkannya. Tapi, dalam sepak bola apa pun bisa terjadi," tegasnya.

Menurut Butler, pencapaian dirinya bersama tim mudanya terbilang lumayan. "Saya dan PSMS mendapatkan 25 poin. Sebelumnya, PSMS hanya mendapatkan 12 poin," kata Butler yang menangani PSMS pada akhir putaran pertama.

Hal senada dikatakan Abdul Aziz, gelandang bertahan PSMS. Mantan kapten tim Jawa Barat pada PON 2016 ini menegaskan semua pemain akan bertarung maksimal. "Saya tegaskan, pemain tidak terbebani posisi PSMS di zona degradasi," ucap Aziz.

3 dari 3 halaman

Prakiraan Susunan Pemain

PSM Makassar (4-3-3): Hilmansyah; Zulkifli Syukur, Abdul Rahman, Steven Paulle, Reva Adi Utama (belakang); Marc Klok, Rizky Pellu, Wiljan Pljuim (tengah) ;M. Rahmat, Alessandro Ferreira Reinaldo, Guy Junior (depan)

Pelatih: Robert Alberts

PSMS Medan (4-4-2): Abdul Rohim; Roni Fatahilah, Alexandros Tanidis, Reinaldo Lobo, Muhammad Alwi Slamat (belakang); Fredyan Wahyu, Legimin Raharjo, Rachmad Hidayat, Abdul Aziz (tengah); Felipe Dos Santos Martins, Frets Listanto Butuan (depan)

Pelatih: Peter Butler

Sumber: Bola.com

Artikel Selanjutnya
Laga Penentu Lawan PSMS, PSM Tanpa Kekuatan Maksimal
Artikel Selanjutnya
Kritik Persija, Teco Sebut Pelatih PSM Rene Alberts Bakal Menangis