Sukses

Prediksi Persija Vs Mitra Kukar: Laga Penentu Juara

Jakarta Persija Jakarta akan menjamu Mitra Kukar dalam laga penentuan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu (9/12/2018). Apakah Persija bisa mengakhiri penantian panjang selama 17 tahun untuk menjadi juara Liga Indonesia?

Persija saat ini berada di puncak klasemen sementara Liga 1 2018 dengan mengoleksi 59 poin dari 33 laga yang sudah dimainkan. Menang 2-1 atas Bali United, Minggu (2/12/2018), yang diikuti hasil imbang PSM Makassar saat bertandang ke Jakarta untuk menghadapi Bhayangkara FC (3/12/2018), membuat Macan Kemayoran unggul satu poin dari Juku Eja.

Dalam situasi unggul satu poin, Persija hanya perlu memastikan laga kontra Mitra Kukar di depan sekitar 69 ribu penonton yang memadati SUGBK harus mereka menangi. Kemenangan akan langsung memastikan Persija sebagai yang terbaik pada musim ini.

"Setelah menang atas Bali United, semua komponen dalam tim ini terus berkonsentrasi. Kami sangat siap menghadapi Mitra Kukar. Kami bermain di SUGBK, dan itu sangat bagus untuk tim serta The Jakmania. Semoga kami bisa meraih hasil yang kami nantikan meski kami tetap harus respek terhadap lawan yang kami hadapi," ujar pelatih Persija , Stefano Cugurra Teco.

Memulai persiapan menghadapi Mitra Kukar sejak Rabu (5/12/2018), Persija memiliki kepercayaan diri untuk bisa menjadi juara. Semua pemain dalam kondisi fit dan siap tempur, meski Persija kehilangan Gunawan Dwi Cahyo yang menjalani hukuman akumulasi kartu di laga pamungkas musim ini.

Namun, absennya Gunawan Dwi Cahyo dari skuat Persija tak berpengaruh banyak terhadap tim. Stefano Cugurra Teco memiliki Maman Abdurrahman dan Jaimerson da Silva Xavier untuk diandalkan di pusat pertahanan Macan Kemayoran.

Andritany Ardhiyasa, dewa pelindung gawang Persija, antusias untuk bisa menjalani laga terakhir Macan Kemayoran pada musim ini. Bahkan kiper yang bolak-balik mendapatkan panggilan Timnas Indonesia pada tahun ini mengaku sangat menggebu untuk bisa mempersembahkan trofi juara.

"Pertandingan ini yang kami nantikan, tentu saja The Jakmania pun sudah menunggu lama, bahkan hingga 17 tahun. Semoga kami bisa meraih kemenangan dan mengangkat trofi juara itu. Saya optimistis dan jujur saja, saya sangat menggebu-gebu untuk bisa mendapatkan hasil terbaik. Setelah kemenangan atas Bali United, saya benar-benar menginginkan trofi itu," ujar kiper andalan Persija itu.

2 dari 3 halaman

Mitra Kukar

Di sisi lain, Mitra Kukar datang ke Jakarta dengan tekad kuat untuk bisa mencuri poin demi tetap berada di Liga 1 pada musim depan. Mengetahui lawan yang harus dihadapi adalah kandidat juara, Naga Mekes tak ingin terpengaruh.

Tekad untuk bisa fokus memberikan permainan terbaik di SUGBK dan meraih poin demi terhindar dari degradasi ke Liga 2 menjadi misi Mitra Kukar di kandang Persija.

Datang dengan tim terbaik yang dimilikinya saat ini, pelatih Mitra Kukar, Rahmad Darmawan, mengetahui betul situasi yang dihadapi timnya. Namun, pelatih yang pernah berseragam maupun menangani Persija Jakarta itu menegaskan yang jauh lebih penting adalah pemain asuhannya bisa melewati pertandingan dengan proses yang baik dan menjaga fokus.

"Saya mengetahui benar bagaimana kedua tim sama-sama membutuhkan poin untuk kepentingan masing-masing. Satu tim ingin menjadi juara, dan satu tim ingin lepas dari jerat degradasi. Setelah dari kandang Sriwijaya FC, kami tidak kembali ke Tenggarong dan langsung ke sini. Secara umum, pemain kami semua dalam kondisi siap untuk bertanding," ujar RD, sapaan akrab Rahmad Darmawan.

"Saya sudah sampaikan kepada pemain untuk tidak memikirkan akan seperti apa hasil pertandingan ini. Namun, yang terpenting adalah mereka bisa melewati pertandingan ini sebagai sebuah proses dan fokus bermain baik terlepas dari apa pun hasilnya nanti," lanjut RD, yang mengindikasikan tak ingin pemainnya terbebani dengan target harus menang demi selamat dari zona degradasi.

Meski hanya terpaut dua poin dari PSMS yang berada di dasar klasemen, Mitra Kukar yang memiliki jumlah poin yang sama seperti Perseru Serui, Sriwijaya FC, dan PS Tira, sebenarnya saat ini berada di peringkat ke-14 atau dua posisi di atas zona degradasi. Dengan segala perhitungan seperti head to head dan selisih gol, Mitra Kukar masih dalam kondisi lebih baik dari empat tim lainnya.

Namun, jika dua dari tiga tim yang memiliki jumlah poin sama seperti Mitra Kukar bisa meraih kemenangan di laga terakhirnya, Mitra Kukar harus memastikan kemenangan untuk tetap berada di Liga 1. Bek Mitra Kukar, Dedi Gusmawan, menegaskan pemain Naga Mekes dalam kondisi siap tempur untuk tampil dalam laga terakhir.

"Mewakili teman-teman, sebagai pemain kami semua sudah siap untuk bermain, sudah siap untuk bertanding. Siapa pun yang akan bermain, siapa pun yang diturunkan oleh pelatih, kami siap untuk menjalani laga final ini," tegas Dedi. 

3 dari 3 halaman

Prakiraan Susunan Pemain

Persija (4-3-3): Andritany Ardhiyasa (kiper); Ismed Sofyan, Jaimerson da Silva Xavier, Maman Abdurrahman, Rezaldi Hehanussa (belakang); Sandi Sute, Rohit Chand, Renan Silva (tengah); Riko Simanjuntak, Ramdani Lestaluhu, Marko Simic (depan)

Pelatih: Stefano Cugurra Teco

Mitra Kukar (4-2-3-1): Gerri Mandagi (kiper); Rendy Siregar, Mauricio Leal, Saepuloh Maulana, Wiganda Pradika (belakang); Bayu Pradana, Danny Guthrie, Hendra Adi Bayauw, Septian David Maulana, Dedi Hartono (tengah); Fernando Rodriguez Ortega (depan)

Pelatih: Rahmad Darmawan

Video Populer Bola

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Andritany Menggebu-gebu Tatap Laga Persija Vs Mitra Kukar
Artikel Selanjutnya
RD Minta Mitra Kukar Tak Gentar Hadapi Persija di Hadapan The Jakmania