Sukses

Piala AFF: Pelatih Vietnam Mengaku Tidak Selevel dengan Eriksson

Liputan6.com, Hanoi - Timnas Vietnam lolos ke final Piala AFF 2018. The Golden Stars menang agregat 4-2 atas Filipina, hasil kemenangan dengan skor identik, 2-1, pada leg pertama dan kedua semifinal.

Bermain di Stadion My Dinh, Hanoi, pada leg kedua semifinal Piala AFF, Kamis malam (6/12/2018), Timnas Vietnam baru bisa memecah kebuntuan pada menit ke-83 lewat Nguyen Quang Hai. Empat menit berselang, Nguyen Cong Phuong mencetak gol menjadikan Vietnam unggul 2-0. Filipina memperkecil ketertinggalan lewat gol James Younghusband pada menit ke-89.

"Ini kali pertama Vietnam bermain di final setelah 10 tahun lamanya. Saya ingin berterima kasih kepada suporter Vietnam dan seluruh pemain untuk pertandingan hari ini," ujar Park Hang-seo, pelatih Timnas Vietnam seusai pertandingan.

"Hari ini saya sangat gembira melihat Phan Van Duc menciptakan peluang buat gol pembuka Quang Hai. Tapi, momen di mana saya sangat terkesan adalah ketika Cong Phuong mencetak gol untuk menggandakan keunggulan kami," lanjut pelatih asal Korea Selatan itu.

Park menuturkan ia sudah memperkirakan tak mudah buat timnya menjebol gawang Filipina. ""Dari yang kami amati di leg pertama, kami tahu Filipina akan mengendur mulai menit ke-65 atau 70-an. Jadi, itulah alasan mengapa kami bermain lebih bertahan di babak pertama dan baru menyerang di babak kedua," kata Park.

Meski mampu membawa Vietnam ke final dengan membungkam Filipina yang punya pelatih kenamaan, Sven-Goran Eriksson, Park Hang-seo terlihat tetap kalem. Ia merendah, dan bahkan menolak dibandingkan dengan Eriksson.

"Setelah ini, saya harap semuanya tak membandingkan saya dengan coach Eriksson. Dia itu pelatih kelas dunia. Saya sangat tersanjung bisa melawan dirinya di Piala AFF ini. Meski saya mengalahkannya dua kali, level saya masih belum bisa dibandingkan dengannya," tutur pelatih 59 tahun itu.

Di final Piala AFF 2018, Vietnam akan bersua Malaysia. Leg pertama digelar di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, pada 11 Desember 2018 dan leg kedua dimainkan di Stadion My Dinh, Hanoi, 15 Desember 2018.

Partai final ini merupakan ulangan dari penyisihan Grup A. Pada 16 November 2018, Timnas Vietnam yang berstatus sebagai tuan rumah mampu mengalahkan Malaysia dengan skor 2-0.

Sumber: Fox Sports Asia, AFF

Sajian liputan eksklusif Timnas Indonesia di Piala AFF  2018 bisa pembaca nikmati dengan mengklik tautan ini

Artikel Selanjutnya
Kalahkan Filipina, Vietnam Lolos ke Final Piala AFF 2018
Artikel Selanjutnya
Adisak Ingin Kegagalan Penaltinya di Timnas Thailand Vs Malaysia Dilupakan