Sukses

Kore White Buka Peluang Dinaturalisasi Timnas Indonesia

Kore White membela Pelita Jaya pada IBL musim depan.

Liputan6.com, Jakarta - Pebasket Amerika Serikat Kore White tak menutup kemungkinan menerima tawaran naturalisasi guna membela Indonesia. White tak membantah saat ditanya wartawan perihal skenario tersebut.

"Kita lihat saja nanti. Saya mungkin harus belajar bahasa Indonesia lagi," ujar pemain 28 tahun itu pada jumpa pers Indonesia Basketball League (IBL) Pertamax 2018-2019 di Jakarta, Selasa (6/11/2018).

Kore White termasuk salah satu pemain asing yang bersinar di IBL. Dia akan membela Pelita Jaya pada musim 2018-2019.

Pada 2015-2016, White menjadi salah satu bintang dalam keberhasilan Pelita Jaya menjadi juara IBL.

Isu White akan dinaturalisasi mencuat setelah yang bersangkuta mewakili Indonesia di William Jones Cup di Chinese Taipei beberapa bulan lalu. Di ajang tersebut, para peserta memang boleh memakai satu pemain asing. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemain Naturalisasi

Timnas Indonesia sudah punya dua pemain naturalisasi yakni Jamarr Andre Johnson dan Ebrahim Enguio Lopez alias Biboy. Jamarr turun di Asian Games 2018. Sedangkan Biboy membela timnas Indonesia saat meraih perak SEA Games 2015.

Kore White pada IBL musim lalu membela Stapac Jakarta sejak pertengahan musim. Dia sempat membuat masalah di penghujung musimdengan melancarkan kritik pedas pada wasit lewat Instagram.

Akibatnya IBL menjatuhkan denda Rp 100 juta. Namun, hukuman tersebut direvisi. Kore White hanya harus menjalani kerja sosial di musim 2018-2019.

"Kami sudah bertemu dan berbicara dengan White. Kami memutuskan mengganti denda tersebut menjadi kerja sosial. Jangan kaget jika musim ini akan banyak kegiatan di luar lapangan yang diikut oleh Kore White," terang Direktur IBL Hasan Gozali

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.