Sukses

Batal Latihan, Timnas Indonesia U-19 Pilih Berenang

Timnas Indonesia U-19 berada dalam kondisi terjepit usai kalah dari Qatar.

Liputan6.com, Jakarta - Usai kalah dari Qatar, pemain Timnas Indonesia U-19 menjalani pemulihan fisik dan mental dengan berenang di hotel tempat menginap, Senin (22/10/2018)

Pemulihan kondisi fisik dan mental itu dilakukan pemain Timnas Indonesia U-19 usai menjalani laga ketat kontra Qatar pada Grup A Piala AFC U-19 Asia, Minggu (21/10/2018). Timnas Indonesia U-19 kalah menyakitkan 5-6.

Kegiatan di kolam renang merupakan inisiatif dari tim karena dalam jadwal resmi Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC), Timnas Indonesia U-19 diagendakan berlatih di Lapangan Sepak Bola B Gelora Bung Karno, Jakarta, mulai pukul 15.30 WIB hingga pukul 17.30 WIB.

"Laga kemarin cukup melelahkan, jadi pelatih fisik merekomendasikan untuk pemulihan fisik dan mental di kolam renang," ujar pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri, dikutip Antara.

Pelatih asal Sumatera Barat itu mengatakan staf pelatih membebaskan pemain untuk melakukan apa saja yang mereka suka di kolam renang.

Sebagai informasi, saat berhadapan dengan Qatar, lima gol Timnas Indonesia U-19 dicetak Muhammad Luthfi Kamal (28'), Todd Ferre (65', 72' dan 80'), serta Saddil Ramdani (68'). Sedangkan Qatar membuat gol melalui Hashim Ali (10', 50'), Abdulrasheed Umaru (14', 41', 56'). dan Mohammed Waad (23').

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menu Khusus

Sementara untuk pemain yang tidak berlaga kontra Qatar, Indra Sjafri memberikan menu khusus di lapangan bola basket di sekitar hotel. "Itu untuk menjaga fisik mereka agar tetap sama dengan yang lain," kata dia.

Berdasarkan pantauan, kegiatan timnas U-19 di kolam renang hotel penuh dengan canda tawa. Para pemain terlihat santai dan akrab satu sama lain. Menurut Indra Sjafri, situasi mental pemain memang semakin bagus setelah dapat memperkecil kedudukan dari 1-6 menjadi 5-6.

"Mental pemain bagus dan mereka semakin percaya diri karena kami mampu mengejar ketinggalan," tutur Indra Sjafri.

3 dari 3 halaman

Laga Penentu

Berikutnya, pada Selasa (23/10), timnas U-19 akan menjalani latihan di Lapangan Sepak Bola A Gelora Bung Karno, Jakarta, sebelum menghadapi laga pamungkas Grup A Piala U-19 Asia 2018 menghadapi Uni Emirat Arab (UEA), Rabu (24/10/2018). "Latihan kami mulai pukul 07.00 WIB," kata Indra.

Timnas U-19 Indonesia saat ini berada di posisi ketiga klasemen sementara dengan tiga poin dari dua laga. Sementara Qatar bertengger di peringkat kedua juga dengan tiga poin, tetapi unggul "head to head" dari Indonesia.

UEA menjadi pemuncak klasemen dengan mengoleksi enam poin. Sementara Chinese Taipei menjadi juru kunci setelah tidak mampu memenangi dua pertandingan yang telah dijalani.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.