Sukses

Islandia Sukses Tahan Imbang Prancis

Islandia memberikan perlawanan keras saat berjumpa Prancis.

Jakarta Timnas Prancis hanya mampu bermain imbang 2-2 melawan Islandia pada pertandingan persahabatan internasional di Stade Municipal de Roudourou, Jumat (12/10/2018).

Pertandingan ini berjalan menarik, meski Prancis terkesan tidak terlalu serius dan lebih banyak melakukan eksperimen permainan. Islandia juga bermain sedikit lebih terbuka dari biasanya, meski secara umum juga masih cukup defensif.

Islandia bisa unggul lebih dulu lewat Birkir Bjarnason saat laga berjalan setengah jam. Tim tamu bahkan sanggup menggandakan keunggulan mereka pada menit ke-58 lewat Kari Arnason.

Namun, Prancis, sang juara dunia, tidak mau menyerah tanpa perlawanan. Hólmar Örn Eyjólfsson mencetak gol bunuh diri pada menit ke-86. Kemenangan di depan mata Islandia sirna ketika Kylian Mbappe sukses mengeksekusi penalti pada injury time. Laga pun berakhir imbang 2-2.

Didier Deschamps memilih untuk mencoba beberapa pemain kuncinya dalam pertandingan ini. Mereka masih bermain cukup bagus meski sulit menembus pertahanan Islandia yang sangat disiplin.

Sementara itu, tim tamu yang dikenal sebagai tim defensif di turnamen-turnamen besar kali ini tampil sedikit lebih terbuka. Tapi Islandia tetap tampak sangat berhati-hati ketika dalam fase bertahan karena ketajaman lini serang Prancis yang dikenal mematikan.

Islandia bisa mencetak gol pembuka saat laga berjalan setengah jam. Alfred Finnbogason merebut bola dari kaki Presnel Kimpembe dan kemudian memberikannya kepada Birkir Bjarnason. Sulit masuk ke kotak penalti, Bjarnason melepas tembakan keras yang menembus pojok bawah gawang Hugo Lloris. Skor 1-0 bertahan sampai babak pertama selesai.

Memasuki babak kedua, Islandia masih bermain dengan cara yang sama. Prancis kesulitan mengembangkan permainan, meski dibiarkan menguasai bola sampai sepertiga akhir lapangan.

Islandia justru bisa menambah keunggulan melalui Kari Arnason pada menit ke-58. Gylfi Sigurdsson mengirim umpan ke depan gawang Prancis yang disambut dengan sundulan terarah oleh Arnason menuju tiang jauh. Lloris hanya bisa melihat gawangnya jebol untuk kali kedua.

Setelah gol kedua Islandia itu, kedua pelatih melakukan beberapa pergantian pemain. Namun situasi tak berubah sampai beberapa menit menjelang pertandingan usai. Kebangkitan Prancis dimulai.

Empat menit sebelum waktu reguler habis, Prancis memperkecil ketertinggalan lewat gol bunuh diri Hólmar Örn Eyjólfsson. Umpan tarik Mbappe dari sudut sempit di sisi gawang salah diantisipasi oleh Eyjolfsson sehingga masuk ke gawangnya sendiri.

Mbappe, sang wonderkid Prancis, menyamakan kedudukan lewat tendangan penalti pada menit ke-90. Wasit menghadiahkan penalti setelah seorang pemain Islandia melakukan handball di kotak terlarang. Eksekusi Mbappe sempurna untuk membuat laga ini ditutup dengan skor 2-2.

Selanjutnya, Prancis akan menjamu Jerman di ajang UEFA Nations League. Sementara itu, Islandia juga akan menjalani kompetisi yang sama dengan menghadapi Swiss.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Komposisi Pemain

Prancis: Hugo Lloris, Presnel Kimpembe, Raphaël Varane (Kurt Zouma), Lucas Digne, Benjamin Pavard, Antoine Griezmann (Kylian Mbappé), Paul Pogba (Tanguy Ndombele), Steven N'Zonzi, Olivier Giroud, Ousmane Dembele (Dimitri Payet), Florian Thauvin (Thomas Lemar).

Islandia: Runar Runarsson (Hannes Halldorsson), Ragnar Sigurdsson, Kari Arnason, Birkir Saevarsson (Jon Gudni Fjóluson), Holmar Eyjolfsson, Birkir Bjarnason, Runar Mar Sigurjonsson, Arnor Traustason (Kolbeinn Sigthorsson), Johann Gudmundsson (Victor Palsson), Alfred Finnbogason (Albert Gudmundsson), Gylfi Sigurdsson (Rurik Gíslason).

 

Sumber: www.bola.com

  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.