Sukses

Menpora Minta Daerah Gaungkan Asian Para Games 2018

Asian Para Games dipusatkan di Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, 6 hingga 13 Oktober 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi berharap semua daerah menggaungkan Asian Para Games 2018 Jakarta. Dia ingin event ini semeriah Asian Games 2018 Jakarta-Palembang, bulan lalu.

Asian Para Games dipusatkan di Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, 6 hingga 13 Oktober mendatang. Semua persiapan untuk event para atlet difabel ini sedang dikebut mengingat pelaksanaannya satu paket dengan Asian Games.

"Harapan kami seperti itu. Daerah juga memiliki semangat yang sama untuk mensukseskan Asian Para Games 2018. Mari kita bersama-sama memberi dukungan," kata Imam Nahrawi saat rapat pleno Asian Para Games 2018 bersama Inapgoc.

Dalam rapat pleno di Kantor Kemenpora, kemarin, juga dihadiri Ketua Inapgoc, Raja Sapta Oktohari dan Chef de Mission (CdM) Asian Para Games 2018, Arminsyah. Mereka membahas masalah publikasi dan semua yang menyangkut hal terkait dengan pelaksanaan kejuaraan empat tahunan itu.

Menpora mengaku mendapatkan laporan jika persiapan Asian Para Games 2018 sudah masuk 90 persen. Persiapan tersebut meliputi lokasi pertandingan hingga tim pendukung mulai dari volunter hingga sistem kejuaraan.

"Yang lebih penting saat ini adalah bagaimana teman-teman turut mempublikasikan logo, semangat Asian Para Games, serta figur dan para atlet ke penjuru Tanah Air. Makanya pemerintah daerah kami harapkan terlibat langsung," kata Imam.

Pria asal Bangkalan Madura itu memastikan, Asian Para Games adalah langkah untuk menjaga harkat dan martabat bangsa yang betul-betul dipersiapkan dengan matang oleh Inapgoc. Tidak hanya itu, kesiapan secara prestasi juga sudah diupayakan dengan maksimal oleh pimpinan kontingen Tim Merah Putih.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

25 September Harus Siap

Sementara itu, Ketua Umum Inapgoc, Raja Sapta Oktohari mengatakan semua lokasi pertandingan harus siap 25 September. Namun, pihaknya terus berupaya agar persiapan bisa dilakukan lebih cepat mengingat lokasi pertandingan akan digunakan untuk adaptasi atlet.

"Tantangan kita saat ini adalah waktu. Makanya kami meminta dukungan banyak pihak agar semuanya bisa berjalan sesuai dengan rencana," kata pria yang akrab dipanggil Okto itu.

Persiapan atlet juga tidak lepas dari pengawasan CdM Arminsyah. Menurut dia, secara umum persiapan atlet berjalan dengan baik. Bahkan dua cabang olahraga yang selama ini menjalani pemusatan latihan di Solo sudah bertolak menuju Jakarta.

"Atlet sudah delapan bulan berlatih di Solo dan sudah dua cabang olahraga yang berlatih di Jakarta yaitu lawn ball dan menembak. Selebihnya masih di sana sambil menunggu kesiapan venue dan juga kesiapan wisma," katanya saat dikonfirmasi.

Asian Para Games 2018 bakal mempertandingkan 18 cabang olahraga. Bakal ada 2.888 atlet dari 41 negara yang terlibat. Kontingen Indonesia sendiri ditargetkan mampu menduduki posisi tujuh klasemen umum. (Ant)

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.