Sukses

Sambut Asian Games, Kemenpar Siapkan 75 Paket Wisata di 7 Destinasi Unggulan

Tujuh destinasi unggulan disiapkan menyambut Asian Games 2018.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pariwisata, Arief Yahya menyiapkan 75 paket wisata yang tersebar di tujuh destinasi unggulan menyambut Asian Games 2018. Itu setelah 150.000 wisatawan mancangera (wisman) diperkirakan akan berkunjung ke Indonesia dari berbagai penjuru Asia.

Asian Games 2018 juga akan medatangkan 10.000 atlet dan 5.000 official dari 45 negara serta disaksikan sekitar dua juta penonton ini dianggap dapat meningkatkan sektor pariwisata.

Tujuh destinasi unggulan tersebut yakni Jakarta, Jawa Barat, Sumatera Selatan, Jawa Tengah, Yogayakarta, Banyuwangi, dan Bali.

Diproyeksikan, perhelatan multi cabang ini akan menarik kunjungan sebanyak 150.000 wisman dengan total pengeluaran dari peserta dan pengunjung mencapai Rp 3,6 triliun.

"Terdapat 75 paket wisata yang ditawarkan. Kira-kira 20 persen wisman akan membeli bundling tiket antara pariwisata dan olahraga, atau sekitar 30.000 wisman. 80 Persen go show ketika mereka sudah datang ke Indonesia baru membeli paket wisata," kata Arief Yahya dalam rilis yang diterima Liputan6.com.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Paket Wisata

Berbagai paket wisata telah dipromosikan oleh Kemenpar sejak tahun 2017. Menpar Arif Yahya menuturkan, jumlah penonton terbesar berasal jadi China, Singapura dan Malaysia.

"Paket wisata ini sudah disiapkan dan dipromosikan sejak setahun lalu. Pembeli paket wisata itu tentunga tergantung penonton yang datang. Event-nya sendiri akan banyak menyedot penonton saat final sepak bola. Penggemar sepak bola dari negara peserta yang masuk final akan berbondong-bondong datang ke Jakarta," ujar Arief Yahya.

3 dari 3 halaman

Branding Wonderful Indonesia

Selain paket wisata yang ditawarkan kepada wisman, Kemenpar juga telah menyiapkan upaya branding Wonderful Indonesia selama Asian Games. "Saya mau selama Asian Games semua bus yang ada logo Wonderful Indonesia, ada atau tidak ada penumpang tetap keliling kota. Ada 5 ribu kamera yang paling penting," tutur Arief Yahya.

Untuk memeriahkan Asian Games 2018, Kemenpar juga meluncurkan Voting Atlet Favorit dan Lomba Video #PesonaAsianGames 2018 pagi ini. Voting dan lomba ini diselenggarakan untuk menyukseskan Asian Games 2018 dan juga memberikan dukungan kepada atlet Indonesia agar sukses dalam ajang pesta olahraga terbesar di Asia ini.

Dalam hal ini, Kemenpar menggandeng Raditya Dika yang memiliki lebih dari 9 juta follower di Instagram dan lebih dari 4 juta subscriber di Youtube sebagai juri lomba video. Aktor dan penulis buku ini bersama influencer lain seperti Anindya K. Putri, Ramon Y. Tungka, Radit Surbakti, Edhozell, Meizal Rossi, dan Mala Barbie akan gencar menyukseskan Asian Games di akun media sosialnya masing-masing.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.