Sukses

Kirab Obor Asian Games 2018 Libatkan Para Legenda Olahraga

Liputan6.com, Jakarta - Sesaat lagi, perhelatan Asian Games 2018 akan memasuki H-1 bulan. Inasgoc selaku panitia pelaksana (panpel) pun telah menyiapkan hajatan torch relay atau kirab obor Asian Games 2018 yang akan mengelilingi Indonesia.

Persiapan Inasgoc untuk hajatan kirab obor Asian Games 2018 itu sendiri sudah sangat matang. Nantinya, kegiatan akan dimulai dengan mengambil api Asian Games 2018 di New Delhi, India, pada 15 Juli 2018.

Dari India, obor akan dibawa kembali ke Indonesia dan mendarat Lapangan Udara Adisutjipto, Yogyakarta, 17 Juli 2018. Nantinya, api Asian Games 2018 akan disimpan di Museum Dirgantara, Yogyakarta.

Keesokan harinya, akan dilakukan pengambilan api abadi di Mrapen, Grobogan, Purwodadi, Jawa Tengah, untuk dipamerkan dalam Konser Penyatuan Api Asian Games 2018 di kawasan Candi Prambanan. Baru setelah itu torch relay akan dimulai pada 19 Juli di Yogyakarta.

"Nantinya kita akan melewati banyak kota sejarah dan pariwisata. Pesannya simpel, kita ingin Asian Games bergema di seluruh Indonesia. Kita mau jangan hanya Jakarta dan Palembang, tapi kota-kota lain juga jadi bagian, seperti yang diamanatkan Presiden. Bahkan kita juga bersama pemerintah-pemerintah daerah meluncurkan event-event istimewa," kata Ketua Inasgoc Erick Thohir pada konferensi pers di Wisma Serba Guna Senayan, Kamis (12/7/2018).

 

1 dari 3 halaman

Para Legenda

Artinya, api Asian Games 2018 akan melakukan perjalanan panjang dari India ke Indonesia, yakni sekitar 18.000 km. Hanya satu kota di India yang akan dilewati. Sedangkan di Indonesia akan melewati 54 kota yang tersebar di 18 provinsi.

Demi menyemarakkan kirab obor Asian Games, Inasgoc pun melibatkan berbagai atlet legendaris. Salah satunya adalah legenda bulu tangkis putri, Susy Susanti yang juga ditunjuk sebagai Torch Ambassador Asian Games 2018.

"Banyak sekali atlet-atlet legendaris yang akan berpartisipasi, hampir 40 atlet. Ada Taufik Hidayat, Susy Susanti, Rudi Hartono, Yayuk Basuki, dan tidak hanya dari bulu tangkis saja, banyak dari cabang-cabang lain," Erick menjelaskan.

"Kita memang prioritaskan atlet-atlet legenda. Atlet-atlet yang pernah membawa Merah Putih di Olimpiade, Asian Games. Tapi atlet legenda juga kita libatkan seperti Rudi Hartono," ia menambahkan.

2 dari 3 halaman

Diramaikan Artis

Tak hanya atlet, kalangan artis pun siap menyemarakkan kirab obor Asian Games. Seperti yang telah diumumkan salah satu perwakilan sponsor, artis seperti Dian Sastro dan Mikha Tambayong akan menjadi wakil Samsung.

Seperti diketahui, Asian Games 2018 akan dimulai pada 18 Agustus dan berakhir pada 2 September 2018. Setelah mengelilingi Indonesia, api akan dibawa ke Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) sebagai venue acara pembukaan Asian Games 2018.

Artikel Selanjutnya
Angkasa Pura II Pastikan Asian Games Tak Ganggu Pelayanan Haji 2018
Artikel Selanjutnya
Asian Games 2018: PSSI Tak Masalah Undian Sepak Bola Putra Diulang