Sukses

Gendut Doni: Febri Hariyadi dan Osvaldo Haay Tidak Boleh Egois

Mantan striker Timnas Indonesia, Gendut Doni, memberikan pujian terhadap lini sayap Timnas Indonesia U-23.

Jakarta Mantan striker Timnas Indonesia, Gendut Doni, memberikan pujian terhadap lini sayap Timnas Indonesia U-23. Akan tetapi, Gendut Doni menyarankan para pemain sayap tidak bermain egois hanya mementingkan mencetak gol.

Lini sayap Timnas Indonesia U-23 sebenarnya dihuni gelandang-gelandang berkelas. Sebut saja Febri Hariyadi di sektor kiri dan Osvaldo Haay di sektor kanan. Teranyar, pelatih Luis Milla memanggil Riko Simanjuntak untuk melancarkan serangan dari sektor sayap kanan.

Namun, nama-nama di atas belum mampu memberikan kontribusi maksimal di sektor sayap. Bahkan, umpan-umpan mematikan yang seharusnya datang dari kaki mereka, belum terlihat bisa dimaksimalkan penyerang Timnas Indonesia U-23.

Gendut Doni menilai, mungkin satu di antara alasan tumpulnya lini depan Timnas Indonesia U-23 karena minimnya suplai umpan dari sayap. Hal itulah yang membuat Gendut Doni berharap agar pemain sayap untuk lebih mengutamakan kepentingan tim ketimbang diri sendiri.

"Timnas Indonesia U-23 sebenarnya punya banyak kelebihan di sektor sayap. Di kiri ada Febri Hariyadi dan di kanan ada Osvaldo Haay ditambah Riko Simanjuntak. Ini kan banyak kelebihan buat pelatih Luis Milla," kata Gendut Doni kepada Bola.com, Rabu (6/6/2018).

"Cuma banyak pemain-pemain itu masih egois. Mereka egonya besar seperti masih ingin menembak bola dan mencetak gol sendiri, bukan mengumpannya pada penyerang. Harapan ke depan sih masalah itu bisa teratasi di Asian Games," ucap pemain yang membela Timnas Indonesia rentang 2000-2004.

Timnas Indonesia U-23 dijadwalkan masih memiliki dua laga uji coba sebelum bertempur di Asian Games 2018. Pasukan Luis Milla akan menghadapi Korea Selatan U-23 pada 23 Juni dan satu di antara klub yang jadwalnya belum ditentukan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.