Sukses

Potret Keberagaman di Timnas Swiss untuk Piala Dunia 2018

Timnas Swiss untuk Piala Dunia 2018 memiliki keunikan dibandingkan kontestan lain di Rusia mendatang.

Jakarta, - Timnas Swiss yang disiapkan untuk Piala Dunia 2018 rupanya memiliki keunikan yang tak dimiliki kontestan lain. Ke-23 pemain yang dibawa pelatih Vladimir Petkovic menggambarkan Swiss sebagai tim yang memiliki keberagaman.

Baca Juga

  • Ada Cara Tak Biasa Mengejar Jersey Sang Idola pada Laga Austria Vs Jerman
  • Timnas Iran Jadi Peserta Piala Dunia 2018 Pertama yang Tiba di Rusia
  • Timnas Inggris Bisa Mengikuti Jejak Leicester City

Pada era modern, timnas suatu negara memang tidak selalu dihuni pemain asli. Banyak yang memiliki pemain imigran atau keturunan, termasuk Swiss.

Swiss merupakan salah satu negara yang menjadi tujuan para pengungsi dari daerah bermasalah. Pasalnya, Swiss merupakan negara yang relatif aman dan sejahtera.

Hasilnya dapat terlihat pada skuat timnas Swiss untuk Piala Dunia 2018. Terdapat imigran, warga keturunan, atau bahkan baru berganti kewarganegaraan menjadi Swiss ketika bermain sepak bola.

Keanekaragaman timnas Swiss justru menjadi kekuatan tersendiri menjelang Piala Dunia 2018. Xherdan Shaqiri dan kawan-kawan diprediksi dapat menembus 16 besar Piala Dunia 2018.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ragam Wajah Timnas Swiss

Saat ini, timnas Swiss ditangani oleh pelatih asal Bosnia Herzegovina, Vladimir Petkovic. Sejak mengasuh Swiss pada 2014, Petkovic selalu memimpin mereka lolos ke ajang besar.

Sebagai sosok berpengalaman, Petkovic memang mengerti cara menangani pemain dari berbagai etnis. Apalagi, dia sempat mengasuh Lazio yang sering mendatangkan pemain dari banyak negara.

Sementara itu, salah satu penggawa timnas Swiss, Johan Djourou, tidak memiliki hubungan sama sekali dengan negara tersebut. Djourou baru pindah ke Swiss saat berumur 17 bulan.

Bek Ricardo Rodriguez memiliki ayah dari Spanyol dan ibu asal Chile. Jacques Mobandje lahir di Kamerun dan Valon Behrami putra pengungsi dari Kosovo.

Di sisi lain Gelson Fernandes lahir di Cape Verde, sedangkan Blerim Dzemaili berasal dari Makedonia. Bintang Arsenal, Granit Xhaka, berasal dari Albania.

Josip Drmic merupakan penduduk Kroasia yang mengungsi ketika terjadi perang. Breel Embolo dan Dimitri Oberlin berasal dari Kamerun.

Bahkan, dalam skuat yang dibawa oleh Petkovic terdapat pemain yang sama sekali tidak memiliki hubungan dengan Swiss. Eren Derdiyok berasal dari Turki dan memiliki kewarganegaraan di sana.

Sejatinya, masih banyak fakta lain yang menunjukkan keragaman pada timnas Swiss yang berangkat ke Piala Dunia 2018. Patut dinanti apakah skuat asuhan Vladimir Petkovic dapat meraih prestasi di Rusia.

Sumber: Berbagai Sumber

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.