Sukses

Jelang Final Liga Champions, Bos Liverpool Puji Jurgen Klopp

Klopp mengambil peran sebagai pemimpin Liverpool.

Liputan6.com, Kiev - Terlepas dari hasil final Liga Champions nanti malam, penampilan Liverpool di musim 2017/2018 mengundang decak kagum dari berbagai pihak. Karena hal ini, chairman Liverpool, Tom Werner pun melayangkan pujian untuk Jurgen Klopp.

Setuju atau tidak, Klopp adalah aktor vital dalam kesuksesan Liverpool di musim ini. Ia mampu membuat The Reds kembali jadi tim dengan mental juara setelah satu dekade lebih menghilang dari persaingan papan atas Eropa.

Liverpool merekrut Klopp pada Oktober 2015. Saat itu Klopp memang sedang menganggur usai meninggalkan Borussia Dortmund. Tanpa butuh waktu lama, Klopp langsung membawa Liverpool tampil dalam dua final, yakni Piala Liga Inggris dan Liga Europa.

Meski pada akhirnya Liverpool hanya jadi runner-up, kesuksesan mereka saat itu mengundang banyak pujian. Kini, pelatih asal Jerman itu sukses membawa The Reds tampil di final Liga Champions yang dihelat di NSC Olimpiyskiy Stadium, Kiev, Ukraina, Sabtu (26/5/2018) atau Minggu dinihari WIB.

"Saya ingin membayar kredit besar untuk Jurgen karena ia adalah pemimpin kami, juga dengan Direktur Olahraga Michael Edwards, Dave Fallows, dan Barry Hunter. Sebagai tim, mereka sangat kolaboratif dalam perekrutan pemain kami," ujar Werner, dikutip Liverpool Echo.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Reputasi Klopp

Sebagai pelatih, Klopp memang memiliki reputasi hebat. Ia satu-satunya pelatih yang bisa menghentikan dominasi Bayern Munchen dalam sepak bola Jerman. Bersama Dortmund, ia meraih dua gelar Bundesliga, satu DFB Pokal, dan dua Piala Super Jerman.

Bersama Liverpool, Klopp memang belum mempersembahkan gelar. Tapi, kesuksesannya membawa The Reds melaju ke final Liga Champions layak diapresiasi. Apalagi, Liverpool juga menyingkirkan sejumlah tim top, seperti Porto, Manchester City, dan AS Roma.

"Kami selalu membaca soal bagaimana pemain memiliki mimpi untuk bermain di salah satu klub besar Spanyol. Di bawah kepemimpinan Jurgen, pemain top ingin datang ke Liverpool. Saya sangat positif soal masa depan kami karena Jurgen menarik pemain terbaik," Werner menegaskan.

 

3 dari 3 halaman

Rapor Klopp di Setiap Klub

Mainz 05 (27 Februari 2001-30 Juni 2008): 109 menang, 78 seri, 83 kalah dari 270 laga

Dortmund (1 Juli 2008-30 Juni 2015): 179 menang, 69 seri, 70 kalah dari 318 laga

Liverpool (8 Oktober 2015-...): 81 menang, 44 seri, 29 kalah dari 154 laga

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.