Sukses

Asian Games: Tim Balap Sepeda Indonesia Mulai Berlatih di Velodrome

Liputan6.com, Jakarta - Timnas balap sepeda yang disiapkan untuk Asian Games 2018 mulai latihan penuh di Jakarta International Velodrome (JIV) Rawamangun, Jakarta Timur, demi meraih prestasi terbaik pada kejuaraan empat tahunan ini.

Manajer timnas balap sepeda Indonesia Budi Saputra mengatakan latihan lebih awal ini dengan harapan pembalap Indonesia, khususnya disiplin track, bisa lebih memahami karakter lintasan balap yang baru selesai dibangun untuk Asian Games.

"Proses latihan memang sudah berjalan. Memang belum sepenuhnya maksimal, tapi kami berusaha memaksimalkan velodrome ini sebaik mungkin," katanya di Jakarta, Senin (215/2018), seperti dinukil dari Antara.

Demi meraih hasil terbaik, menurut Budi, pihaknya juga sudah mengeluarkan jadwal resmi latihan bagi pembalap disiplin track baik putra maupun putri. Dalam sepekan, pembalap Indonesia akan digenjot latihan selama empat hari.

"Latihan dilakukan Senin, Selasa, Rabu, dan Jumat pagi serta sore. Untuk sore khusus untuk latihan wattbike saja. Lokasinya juga di velodrome," ucap Budi.

Untuk menghadapi Asian Games 2018, Pengurus Besar Ikatan Sports Sepeda Indonesia (PB ISSI) terus berusaha menyiapkan atlet terbaik. Khusus untuk disiplin track, ada beberapa nama yang mulai menjalani latihan penuh bersama jajaran pelatih dan dipantau langsung pelatih kepala, Dadang Harries Poernomo.

Pembalap putra yang disiapkan di antaranya adalah Puguh Admadi, Terry Yuda hingga pembalap senior Projo Waseso. Sedangkan untuk putri ada nama Crismonita Dwi Putri, Ayustina Delia Priatna hingga Elga Kharisma Novanda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dua Nomor

Khusus nama Elga Kharisma Novanda juga akan menjadi andalan Indonesia pada disiplin BMX. Ini mengingat pembalap asal Malang ini merupakan pembalap BMX terbaik yang dimiliki Indonesia saat ini.

Dengan turun di dua disiplin jelas menjadi tantangan sendiri bagi peraih medali emas BMX SEA Games 2017 itu. Persiapan khusus memang terus dilakukan mengingat kondisinya belum sepenuhnya maksimal setelah mengalami cedera.

"Elga rencananya turun di Kejuaraan Asia di Thailand. Kami tidak membebani target di sana. Yang jelas proses latihan baik di lintasan track maupun BMX mulai dilakukan," kata pelatih kepala timnas balap sepeda, Dadang Harries Poernomo.

Untuk turun di kejuaraan Asia di Chai Nat, Thailand, 26-27 Mei, Elga tidak berangkat sendiri. Ia akan didampingi tiga pembalap BMX putra yaitu I Gusti Bagus Saputra, Rio Akbar dan Tony Syarifudin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.