Sukses

Menpora Optimistis Asian Games dan Asian Para Games Berjalan Lancar

Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games dan Asian Para Games 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi optimistis penyelenggaraan Asian Games dan Asian Para Games 2018 berjalan dengan aman serta lancar.

"Kami percaya dengan semua persiapan yang sudah dilakukan baik oleh pemerintah, Inasgoc dan Inapgoc, Asian Games 2018 serta Asian Para Games 2018 berlangsung dengan sukses," kata Imam dalam konferensi pers di Gedung Kemenpora, Jakarta, Senin (15/5/2018), seperti dinukil dari Antara.

Hal ini disampaikan Imam setelah tragedi rentetan bom di Surabaya dan Sidoarjo, Jawa Timur, pada Minggu (13/5/2018) dan Senin (14/5/2018). Peristiwa itu menewaskan belasan orang dan melukai puluhan orang lainnya.

Imam menegaskan, tindakan-tindakan teror tidak akan menghambat seluruh persiapan menuju Asian Games serta Asian Para Games 2018 yang digelar di Jakarta dan Palembang. Namun, bukan berarti pemerintah, Inasgoc, dan Inapgoc mengendurkan kewaspadaan.

Dia menyebut pihaknya akan bekerja sama dengan semua pihak terkait, terutama untuk pengamanan. Selain itu, pemerintah juga ingin seluruh elemen masyarakat terlibat aktif menyemarakkan dan mengawasi jalannya pesta olahraga itu agar berjalan sukses.

"Kami mohon dukungan agar Asian Games dan Asian Para Games di Indonesia lancar dan Indonesia meraih kepercayaan internasional sebagai tuan rumah yang baik," ucap Imam.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Alat Pemersatu

Ketua Inasgoc Erick Thohir menyampaikan hal senada dengan Menpora Imam. Dia berharap kedua ajang tersebut menjadi momentum untuk menunjukkan kepada dunia bahwa olahraga adalah alat pemersatu dan pendamai.

"Ketika Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games 1962, Presiden Sukarno berhasil menunjukkan bahwa kita bisa bersatu dan menjadi negara yang diperhitungkan di dunia meski baru 17 tahun merdeka. Dan semua itu tentu tidak bisa lepas dari partisipasi masyarakat," kata Erick.

3 dari 3 halaman

Tuan Rumah

Sementara Ketua Inapgoc Raja Sapta Oktohari menyatakan, pihaknya bersama pemerintah dan masyarakat siap menjadikan Indonesia tuan rumah yang baik bagi atlet-atlet difabel. Sebab, Asian Para Games 2018 bukan tentang menang atau kalah, melainkan bagaimana menyulam nilai-nilai kemanusiaan.

"Mari kita sampaikan kepada dunia, Indonesia adalah negara yang ramah terhadap para difabel," kata dia.

Asian Games 2018 akan digelar pada 18 Agustus-2 September 2018, sementara Asian Para Games 2018 berlangsung pada 8-16 Oktober 2018.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.