Sukses

5 Pemain Liga Inggris yang Doyan Koleksi Kartu Merah

Liputan6.com, Jakarta Sepak bola tak akan pernah lengkap tanpa ada aturan yang jelas untuk menghukum pelanggar baik di dalam maupun luar lapangan. Namun bagaimana ceritanya kalau si pemain seperti hobi bermain keras hingga sering diganjar kartu merah? 

Sejak era Liga Inggris digelar 1992 lalu, permainan sepak bola Inggris memang lebih keras dan sangat sengit. Lihatlah mantan bek Manchester United, Nemanja Vidic yang jadi salah satu pengoleksi kartu merah terbanyak.

Dia memang sangat lugas dan tak banyak kompromi di lapangan. Namun, beberapa kali aksinya itu menjurus keras hingga dihadiahi enam kartu merah selama di Old Trafford.

Namun demikian, Vidic cuma ada di urutan keenam soal ini. Lantas, siapa 5 pemain di Liga Inggris yang paling sering kena kartu? Berikut kami jabarkan daftarnya dinukil dari Sokka:

 

 

1 dari 6 halaman

5. Lee Cattermole

Mantan bintang Sunderland Lee Cattermole boleh dibilang sebagai legenda di Stadium of Light yang tidak diragukan lagi. Sebagai gelandang, dia sangat agresif dan membantu Black Cats menghindari penurunan selama beberapa tahun.

Upaya itu belum cukup membantu Sunderland setidaknya melepaskan diri dari sematan tim papan tengah. Namun, semasa kariernya, dia terbilang sangat agresi.

Pemain tengah Inggris tersebut menerima 7 kartu merah. Rinciannya 3 secara langsung dan lainnya karena akumulasi dari pelanggaran sebelumnya.

2 dari 6 halaman

4. Roy Keane

Tidak mengherankan ada nama Roy Keane dalam daftar ini. Dia memang dikenal sangat emosional di samping prestasi hebatnya bersama Manchester United.

Keane selalu dikenal punya perseteruan dengan gelandang Arsenal, Patrick Vieira. Mereka bertengkar berkali-kali, baik secara permainan maupun friksi langsung.

Kapten legendaris Manchester United mengumpulkan 7 kartu merah dalam kariernya di Inggris. Gelandang sentral itu menerima 4 kali kartu merah langsung dan 3 kali melalui dua kartu kuning. Namun dia juga sukses dengan mengangkat 7 trofi Liga Inggris, 4 Piala FA, dan 4 FA Community Shields.

3 dari 6 halaman

3. Patrick Vieira

Legenda Arsenal Patrick Vieira menempati posisi ketiga dalam daftar ini. Bayangkan, sosok asal Prancis itu menerima 8 kartu merah sepanjang kariernya bersama The Gunners.

Meski begitu, dia cuma dua kali diusir secara langsung. Sedang, enam kartu merah lainnya datang melalui dua pelanggaran kartu kuning pada sebelumnya dalam pertandingan yang sama.

Tak dimungkiri, aksinya yang agresif itu membantu The Gunners menjadi Liga Inggris, 3 Piala FA dan 3 FA Community Shields.

4 dari 6 halaman

2. Richard Dunne

Mantan bek Manchester City dan Everton ini merupakan pemain kartu merah kedua terbanyak dalam sejarah Premier League. Sama seperti Vieira, dia menerima 8 kartu merah sepanjang kariernya di Liga Inggris.

Namun bedanya, dalam 8 kartu merah itu, empat di antaranya diterima secara langsung sedang empat lainnya melalui dua kartu kuning. Kartu merahnya itu didapat bukan cuma soal pelanggaran, tapi aksinya yang selalu memprotes wasit.

Semasa kariernya, Dunne tak pernah juarai Liga Inggris. Namun dia dua kali bawa tim promosi, yakni bersama Manchester City pada 2001-2002 dan Aston Villa 2009-2010.

5 dari 6 halaman

1. Duncan Ferguson

Mantan striker Everton, Newcastle United dan Rangers ini boleh dibilang menjadi raja kartu merah dalam sejarah Liga Inggris. Hal ini sangat mengherankan karena posisinya sebagai striker, yang notabene harusnya dilanggar bukan melanggar.

Ferguson memang menerima 8 kartu merah, sama dengan Vieira dan Dunne. Namun, enam di antaranya diterima secara langsung sedang dua lainnya akumulasi.

Legenda Toffees terkenal dengan pendekatan agresifnya terhadap permainan. Berkat aksinya itu, dia sukses antarkan Everton menjuarai Piala FA pada 1995 silam.

Eka Setiawan

Artikel Selanjutnya
Demi Juara Liga Champions, Gelandang MU Rela Kehilangan Trofi Liga Inggris
Artikel Selanjutnya
Jadwal Liga Inggris Dini Hari Nanti, Stoke Vs Manchester City