Sukses

5 Top Scorer Sepanjang Masa di Liverpool

Liputan6.com, Liverpool - Liverpool tak dimungkiri merupakan salah satu klub paling sukses di Liga Inggris karena gaya menyerangnya yang cepat. Tak pelak banyak striker yang memperkuat tim ini jadi pencetak gol terbanyak di Liga Inggris.

Meski kesulitan jadi juara di Liga Inggris, Liverpool cukup ditakuti di Britania Raya. Mereka pernah diperkuat sejumlah striker tajam, seperti Michael Owen, Fernando Torres, Robbie Fowler, hingga Luis Suarez.

Saat ini, bersama Jurgen Klopp, Liverpool kian tajam. Mereka telah mencetak gol terbanyak di Liga Champions musim ini (28 gol) dan merupakan tim kedua tersubur Liga Inggris (67).

Pemain-pemain Liverpool sekarang, jika bertahan lama, berpeluang jadi topscorer sepanjang masa di Liverpool. Berikut daftar topscorer sepanjang masa di Liverpool:

 

 

 

 

 

1 dari 6 halaman

5. Fernando Torres

Fernando Torres memang pernah merasakan masa suksesnya bersama Liverpool. Dia mencetak 65 gol untuk klub tersebut dalam 102 pertandingan, yang menempatkannya di posisi kelima daftar pencetak gol terbanyak tim di Liga Inggris..

Ia bergabung dengan Liverpool dari Atletico Madrid pada 2007 dan langsung menggila. Dia mencetak 24 gol di musim pertamanya dan mengakhirinya sebagai pencetak gol terbanyak klub musim itu.

Torres lantas melanjutkan penampilan cemerlangnya di musim berikutnya dan kembali finis sebagai pencetak gol terbanyak Liverpool. Dia menghabiskan tiga setengah musim dengan tim asal Merseyside itu sebelum berangkat ke Chelsea pada tahun 2011.

2 dari 6 halaman

4. Luis Suarez

Liverpool merekrut Luis Suarez di jendela transfer musim dingin tahun 2011. Pemain asal Uruguay itu mencetak 69 gol untuk klub tersebut dalam 110 pertandingan.

Dia menghabiskan empat tahun bersama The Reds dan menjadi favorit penggemar selama berada di klub. Pemain yang kini perkuat Barcelona itu memegang rekor mencetak gol terbanyak dalam satu musim Liga Inggris (31). Dia juga mencetak enam hat-trick di Liga Primer, tiga di antaranya melawan Norwich City.

Dikenal dengan kemampuan finishing-nya, Luis Suarez pernah dianugerahi gelar Pemain Terbaik PFA 2013-2014. Dia juga sukses memenangkan golden boot Premier League di musim yang sama.

3 dari 6 halaman

3. Michael Owen

Owen dianggap sebagai salah satu pemain terbaik yang pernah datang melalui akademi Liverpool. Mantan pemain Timnas Inggris itu mencetak 118 gol untuk klub tersebut dalam 216 pertandingan.

Michael Owen membuat debut seniornya di tahun 1997 namun baru masuk tim reguler pada 1998. Dia memenangkan penghargaan top skorer klub selama 7 musim berturut-turut dan juga merupakan pencetak gol terbanyak Liga Inggris musim 1997-98 dan 1998-99.

Dia tinggal di Liverpool selama delapan musim sebelum pindah ke raksasa Spanyol, Real Madrid pada tahun 2004. Tapi dia tidak bisa meniru aksinya di Anfield saat perkuat Madrid dan karena itu cabut ke Newcastle United setelah satu musim.

Owen kemudian melanjutkan kariernya secara singkat dengan Manchester United dan Stoke City sebelum akhirnya pensiun dari sepak bola profesional pada tahun 2013. Dia tetap dikenal sebagai legenda The Reds.

4 dari 6 halaman

2. Steven Gerrard

Setiap daftar tentang Liverpool FC tidak lengkap tanpa nama Steven Gerrard. Mantan kapten Liverpool tersebut dianggap sebagai salah satu gelandang terbaik yang pernah ada di sepak bola.

Dia mencetak 120 gol dalam 504 pertandingan Premier League, yang menempatkannya di posisi kedua dalam daftar ini. Stevie G adalah top skorer Liverpool sebanyak empat kali, yang tentunya membantunya menciptakan penghitungan gol yang banyak.

Steven Gerrard adalah salah satu pemain paling inspirasional dalam sejarah klub. Dia memenangkan penghargaan Pemain Terbaik Liverpool empat kali, dan juga merupakan pemenang perunggu Ballon d'Or di tahun 2005. Dia mengakhiri kariernya bersama tim MLS, LA Galaxy pada 2016 dan sekarang bekerja sebagai pelatih muda untuk Liverpool U-18.

5 dari 6 halaman

1. Robbie Fowler

Robbie Fowler merupakan salah satu striker terbaik yang pernah bermain untuk Liverpool. Dia telah memainkan 266 pertandingan untuk klub tersebut dalam dua peripde yang berbeda dan mencetak 128 gol.

Lulusan akademi Liverpool itu melakukan debutnya pada 1993 dan kemudian menghabiskan delapan tahun bersama klub tersebut sebelum pindah ke Leeds United tahun 2001. Kariernya bersama Leeds United berlangsung hanya selama 2 tahun dan dia pindah ke Manchester City pada 2003.

Dia tinggal bersama klub Manchester tersebut selama tiga musim sebelum kembali ke Anfield pada 2006. Namun periode keduanya bersama Liverpool tak lagi sama dengan hanya 8 gol dalam 30 pertandingan.

Eka Setiawan

  • Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana
    Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana
    Liverpool
  • Multiple Bola
Artikel Selanjutnya
Dinilai Belum Pantas Gantikan Gerrard, Ini Jawaban Henderson
Artikel Selanjutnya
Tertarik Boyong Rakitic, Liverpool Siap Bersaing dengan Manchester United