Sukses

Pelatih Persib: Bobotoh Suporter Terbesar di Karier Saya

Liputan6.com, Bandung - Kekaguman pelatih Persib Bandung Roberto Carlos Mario Gomez terhadap bobotoh masih belum berhenti. Itu belum pudar meski dia sudah melatih klub kebanggaan warga Jabar ini selama tiga bulan terakhir.

Bahkan pelatih asal Argentina itu menilai bobotoh menjadi salah satu pendukung terbesar dan paling fanatik selama dia berkarier di sepak bola. Bobotoh disebutnya melebihi pendukung asal Italia, Spanyol, Yunani, Ekuador, Hong Kong.

Bukan tanpa alasan dia bicara seperti itu. Dia melihat di mana pun Persib singgah di beberapa tempat, seperti Yogyakarta, Batam, dan Jepara, ribuan bobotoh selalu hadir memberikan semangat kepada tim kesayangannya.

"Saya sudah pernah berkarier di banyak negara seperti Italia, Spanyol, Yunani, Ekuador, Hong Kong dan Indonesia. Di setiap daerah yang saya kunjungi jumlah bobotoh sangat besar, itulah perbedaannya (pendukung Persib dan negara lain)," kata dia.

Bobotoh memang terkenal spartan saat mendukung Persib. Oleh karena itu, panitia Piala Presiden 2018 menganugerahi bobotoh sebagai suporter terbaik.

 

 

1 dari 3 halaman

Penting untuk Pemain

Gomez mengakui jika bobotoh mempunyai peran penting kepada penampilan anak asuhnya. Bobotoh disebutnya memberikan dampak positif seperti memompa semangat ketika bertanding di atas lapangan.

"Ini hal bagus tentunya buat kami, tidak hanya sebagai tim (Persib) tapi juga kepada pemain secara langsung," kata dia.

Nama besar bobotoh mulai dikenal dunia lantaran beberapa media sempat mengklaim Persib punya popularitas melebihi klub-klub Eropa. Itu tak lain karena besarnya dukungan yang diberikan bobotoh.

2 dari 3 halaman

Suporter Terbesar

Jawa Barat yang menjadi basis utama pendukung Persib memiliki jumlah penduduk lebih dari 40 juta jiwa. Belum lagi ditambah dengan pendukung lain dari berbagai wilayah.

"Saya tahu kita ini memiliki suporter terbesar di Indonesia," ucap Gomez.

Artikel Selanjutnya
Ini Target Persib pada Uji Coba di Tasikmalaya
Artikel Selanjutnya
Persib Tinggalkan Michael Essien