Sukses

Babak I: Timnas Indonesia Vs Islandia Masih Sama Kuat

Gol balasan Islandia ke gawang Timnas Indonesia tercipta di akhir babak pertama.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia gagal menutup babak pertama melawan Islandia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Minggu (14/1/2018), dengan hasil manis. Keunggulan Indonesia sirna di masa injury time babak pertama.

Adalah Ilham Udin Armaiyn yang membawa Timnas Indonesia unggul 1-0. Ia sukses memanfaatkan kelengahan lini belakang Islandia, terutama kiper Runar Runarsson yang melakukan blunder di pertengahan babak pertama. Sayang, Islandia justru bisa membalasnya di akhir babak pertama.

Luis Milla sendiri memang menempatkan Ilham Udin ]sebagai ujung tombak Timnas Indonesia. Ia mendapat dukungan dari tiga gelandang enerjik, yakni Osvaldo Haay, Septian David Maulana, dan Febri Hariyadi. Sebagai jangkar, Milla memasang Muhammad Hargianto dan Bayu Pradana.

Laga baru berjalan lima menit, pertahanan Indonesia sudah mendapat ancaman serius. Lewat permainan bola pendek, Aron Sigurdarson sempat mendapatkan peluang di kotak penalti Indonesia. Untungnya, kiper Andritany Arhdiyasa masih sigap menghalau bola lewat kakinya.

Hingga menit ke-10, tim Merah Putih masih kesulitan memasuki area pertahanan Islandia. Mereka pun mengandalkan kecepatan Febri di sisi kiri. Tapi, saat mengirimkan umpan, kerap kali arahnya tak tepat.

Sepanjang menit ke-13, Timnas Indonesia sempat melakukan tekanan dari berbagai lini. Tapi, sekali lagi mereka belum bisa mendekati kiper Islandia, Runar Runarsson. Hingga menit ke-20, tuan rumah masih mampu mengimbangi permainan Islandia meski kalah dalam penguasaan bola.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Saling Balas Gol

Di menit ke-23, Osvaldo sempat terjatuh di kotak penalti Islandia saat menggiring bola. Tapi, wasit tak menganggapnya sebagai sebuah pelanggaran. Peruntungan Indonesia pun berubah enam menit kemudian, tepatnya di menit ke-29.

Indonesia sukses memecahkan kebuntuan lewat gol Ilham Udin. Semua berawal dari crossing Febri ke dalam kotak penalti Islandia. Ironisnya, kiper Islandia Runarsson gagal melakukan tangkapan dengan sempurna. Bola yang terlepas langsung disambar Ilham Udin.

Kebobolan, tim besutan Heimir Hallgrimsson itu mencoba untuk meningkatkan serangan. Namun, upaya mereka belum membuahkan hasil. Justru Indonesia yang memiliki kans untuk mencetak gol kedua di menit ke-38. Hargianto yang sukses merebut bola langsung menggiringnya ke dekat kotak penalti. Sayang, tendangan keras Hargianto masih jauh dari sasaran.

Bahkan, peluang kembali didapat Indonesia di menit ke-40. Lewat skema sepak pojok, sundulan Bayu Pradana nyaris membuahkan gol. Di menit ke-44, giliran Osvaldo yang mendapatkan peluang. Sayang, eksekusinya di depan kotak penalti Islandia tak membuahkan hasil.

Seharusnya Indonesia bisa mempertahankan keunggulan 1-0 atas Islandia. Sayang, serangan balik Islandia justru membuat tuan rumah kerepotan. Mereka pun bisa menyamakan skor lewat aksi individu Albert Gundmundsson yang baru masuk di menit ke-27.

 

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain:

Timnas Indonesia: Indonesia: Andritany; I Putu Gede, Hargianto, Febry Haryadi, Fachrudin, Bayu Pradana, Ilham Udin, Hansamu, Osvaldo Ardiles, Rezaldi Hehanusa, Septian David.

Islandia: Runarsson, Finobgasson, Eyjofsson, Fjoluson, Fridjonsson, Fridriksson, Traustason (Gudmundsson 27), Sigurdarson, Bjarnasson, Skulason, Smarason.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.