Sukses

Pasca Tes MotoGP, Alex Marquez Kian Termotivasi

Liputan6.com, Jerez - Alex Marquez baru saja mendapatkan pengalaman berharga dengan melakoni tes MotoGP di Sirkuit Jerez, Spanyol. Dalam tes 22-24 November 2017 itu, adik Marc Marquez itu menunggangi motor Marc VDS.

Pada tes hari pertama di Jerez, Alex menempati urutan ke-15 dalam daftar 15 pembalap MotoGP yang berpartisipasi. Ia mencatatkan waktu terbaik 1 menit 41,750 detik. Selisihnya dengan Andrea Iannone, pembalap Suzuki yang jadi tercepat, mencapai 3,470 detik.

Pada hari kedua, posisinya tetap di urutan ke-15 dengan selisih 2,119 detik dari pembalap Ducati, Andrea Dovizioso. Urutan ke-15 kembali ditempati Alex pada hari terakhir. Namun, catatan waktunya semakin membaik, yakni 1 menit 39,782 detik.

Dengan hasil itu, Alex yang masih berkiprah di Moto2 tersebut pun kian termotivasi untuk naik kelas ke MotoGP. Namun, ia mengaku tak ingin terlalu terburu-buru dalam upaya untuk mewujudkan hal tersebut.

"Tentu saja, tes ini merupakan motivasi bagi saya untuk menjadi juara dunia Moto2 dan naik ke kelas MotoGP. Sekarang, tentu saja, saya harus fokus mempersiapkan Moto2 musim depan," tutur Alex, dilansir Speedweek.

Alex sendiri memang sudah disebut-sebut akan menjadi pembalap MotoGP dalam beberapa tahun mendatang. Pengalamannya sebagai pembalap Moto2 dinilai sudah cukup matang. Apalagi, ia mengakhiri musim lalu dengan finis di urutan keempat klasemen.

 

2 dari 3 halaman

Nyaman di Motor

Meski keinginannya belum terwujud, setidaknya Alex sudah mencicipi bagaimana rasanya menunggangi motor MotoGP. Pembalap berusia 21 tahun itu pun merasa senang sekaligus bangga bisa mendapatkan pengalaman berharga itu.

Marc Marquez & Alex Marquez_(AFP Photo/Quique Garcia)

"Saya sangat senang karena diizinkan untuk menjalani hal ini. Menurut pendapat saya, saya benar-benar bisa membantu tim. Ini merupakan hal yang paling penting. Saya berharap untuk membuat Tom (Luthi) lebih mudah pada tes di Sepang," jelas Alex.

"Pada hari pertama, kami menyesuaikan semuanya dengan benar sehingga merasa nyaman di motor. Saya bersenang-senang di atas motor. Pada hari Kamis, saya mendapatkan grip yang lebih baik pada wheelie, tapi saya masih kehilangan banyak waktu untuk bertahan," sambungnya.

 

3 dari 3 halaman

Statistik Alex Marquez di Semua Kelas

Moto3

Balapan: 46

Menang: 4

Podium: 15

Pole: 3

Fastest lap: 7

Poin: 518

Moto2

Balapan: 52

Menang: 3

Podium: 7

Pole: 3

Fastest lap: 3

Poin: 343