Sukses

Rekor Pemain Internasional Pecah di NBA 2017-2018

Banyak pemain internasional yang main di NBA.

Liputan6.com, Jakarta- NBA kembali membuat rekor soal jumlah pemain internasional. Ada 108 pemain dari 42 negara dan wilayah yang bakal main di NBA 2017-2018. Sudah empat musim beruntun, di NBA ada lebih dari 100 pemain internasional dengan semua klub memiliki minimal satu pemain.

Pada musim 2016-2017, rekor pemain asing juga tercipta. Ketika itu, terdapat 113 pemain internasional dari 41 negara dan wilayah. Malam pembukaan musim ini juga memecahkan rekor jumlah pemain NBA dari Eropa dengan 64 pemain. 

Kanada menjadi negara yang memiliki pemain internasional terbanyak di NBA 2017-2018. Total ada 11 pemain Kanada yang berkecimpung di NBA saat ini. Menyusul kemudian Prancis (10 pemain), Australia (8 pemain), dan Spanyol (7 pemain). Brasil, Kroasia, Jerman, Serbia, dan Turki masing-masing memiliki lima pemain.

Untuk klub, Toronto Raptors dan Utah Jazz yang paling banyak memakai pemain internasional. Kedua klub memiliki tujuh pemain. Boston Celtics, Philadelphia 76ers, dan San Antonio Spurs masing-masing memiliki enam pemain. Adapun Dallas Mavericks, Denver Nuggets, New York Knicks, dan Orlando Magic masing-masing memiliki lima pemain.

Selain 108 pemain tersebut, lima pemain internasional memiliki kontrak “dua arah” yang memungkinkan pemain untuk bermain bersama tim induk NBA mereka hingga 45 hari dan menghabiskan sebagian besar waktu mereka di NBA G League, yang merupakan wadah bagi para pemain untuk mengasah kemampuan sembari menunggu kesempatan untuk berkompetisi di liga utama NBA.

Tahun ini merupakan tahun pertama tim NBA dapat memberikan kontrak “dua arah” kepada pemain dengan kuota dua pemain “dua arah” per tim.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.