Sukses

3 Wasit yang Pimpin Big Match Serie A Pekan Ini

Liputan6.com, Roma - Pekan kedelapan Serie A akan menyajikan tiga pertandingan besar (big match). Yang pertama, Juventus akan menghadapi Lazio di Stadion Allianz, Sabtu malam (14/10/2017). Selepas itu, Minggu dini hari WIB (15/10/2017), AS Roma akan menjamu Napoli di Stadion Olimpico. Dan pada Senin dini hari WIB, Inter Milan akan bertarung melawan AC Milan dalam Derby Della Madonnina.

Tiga big match tersebut akan sangat menentukan persaingan di papan atas. Untuk Juventus versus Lazio, misalnya. Jika sampai kalah, poin Juventus akan disamakan oleh tamunya itu. Saat ini, I Bianconeri berada di peringkat kedua dengan 19 poin, unggul tiga angka dari Lazio yang berada di peringkat empat.

Lalu AS Roma dan Napoli. Jika sampai seri atau kalah, Napoli harus siap-siap disalip oleh Juventus dari puncak klasemen. Untuk itu, I Partenopei akan mengincar kemenangan kedelapan secara beruntun mereka di awal musim ini.

Namun, AS Roma tidak akan tinggal diam. Tim ibukota itu pastinya ingin mematahkan rekor kemenangan Napoli.

Sedangkan laga derby antara Inter Milan melawan AC Milan, lebih dari sekadar penting bagi persaingan di papan klasemen. Selain gengsi, laga tersebut juga sangat krusial, terutama bagi AC Milan yang sejauh ini sudah menelan tiga kekalahan.

Apalagi, I Rossoneri sudah menggelontorkan dana habis-habisan di bursa transfer musim panas lalu.

Lalu, siapa wasit yang akan memimpin tiga laga akbar Serie A tersebut, dan bagaimana kiprah mereka selama ini? Dikutip dari berbagai sumber, berikut informasi selengkapnya.

2 dari 4 halaman

Paolo Silvio Mazzoleni: Juventus vs Lazio

Laga antara Juventus versus Lazio akan dipimpin oleh wasit berusia 43 tahun, Paolo Silvio Mazzoleni. Ini merupakan laga keempat yang dipimpin Mazzoleni musim ini di Serie A.

Sebelumnya, wasit asli Italia itu menjadi hakim di laga Torino kontra Sassuolo (3-0) di pekan kedua, Genoa versus Chievo Verona (1-1) di pekan kelima, dan terakhir SPAL melawan Crotone (1-1) di pekan ketujuh.

Selain di Serie A, Mazzoleni juga dipercaya memimpin pertandingan di babak kualifikasi Liga Champions, kualifikasi Liga Europa, serta Coppa Italia. Secara keseluruhan, ia sudah memimpin enam partai musim ini.

Dari enam pertandingan tersebut, Mazzoleni sudah mengeluarkan 13 kartu kuning. Namun, wasit yang berdomisili di Kota Bergamo itu belum sekalipun mengangkat kartu merah.

Mulai menjadi wasit sejak 11 November 2011, sejauh ini, Mazzoleni total sudah memimpin 308 pertandingan, termasuk juga pertandingan internasional macam Kualifikasi Piala Dunia zona Eropa dan laga-laga persahabatan.

3 dari 4 halaman

Gianluca Rocchi: AS Roma versus Napoli

Sementara itu, pertandingan antara AS Roma melawan Napoli akan dipimpin oleh Gianluca Rocchi. Rocchi dikenal sebagai wasit yang kejam dan ringan tangan dalam mengeluarkan kartu.

Ia sulit untuk berkompromi terhadap pelanggaran. Tercatat, musim ini saja, ia sudah mengeluarkan 28 kartu kuning serta dua kartu merah dari enam pertandingan yang ia pimpin.

Di Serie A, musim ini Rocchi telah memimpin laga Lazio versus AC Milan di pekan ketiga yang berakhir 4-1, Udinese versus Torino (2-3) di pekan kelima, dan Genoa versus Bologna (0-1) di pertandingan terakhir atau pekan ketujuh. Hanya dalam tiga pertandingan tersebut, wasit 44 tahun itu telah menarik 14 kali kartu kuning dan sekali kartu merah dari sakunya.

Di Liga Champions musim ini, Rocchi dipercaya memimpin laga Tottenham versus Borussia Dortmund, yang berakhir dengan skor 3-1. Di pertandingan tersebut ia mengeluarkan 4 kartu kuning dan satu kartu merah.

Sebelum musim ini bergulir, ia juga sempat memimpin laga Piala Super Eropa antara Real Madrid kontra Manchester United, di mana Madrid menang dengan skor 2-1.

4 dari 4 halaman

Paolo Tagliavento: Inter Milan versus AC Milan

Tidak mudah memimpin laga Derby Della Madonnina. Dibutuhkan wasit yang benar-benar netral dan profesional.

Kali ini, Paolo Tagliavento, wasit berusia 45 tahun, terpilih untuk melakoni peran tersebut. Musim ini, Tagliavento sudah sekali memipin pertandingan Inter Milan, yakni saat menjamu Fiorentina di Giuseppe Meazza di pekan pertama, 20 Agustus lalu.

Di laga tersebut, hanya satu kartu kuning yang ia keluarkan. I Nerazzuri menyudahi pertandingan dengan kemenangan 3-0.

Dua pertandingan Serie A lainnya yang ia pimpin adalah Torino versus Sampdoria (2-2) di pekan keempat, dan Sassuolo melawan Bologna (0-1) di pekan keenam.

Sedangkan di Liga Champions, ia memimpin partai antara Bayern Muenchen melawan Anderlecht yang berakhir dengan skor 3-0 untuk Bayern.

Dari total 5 pertandingan yang sudah ia pimpin musim ini, Tagliavento total sudah mengeluarkan 16 kartu kuning dan satu kartu merah. (Abul Muamar)

Loading