Sukses

Pembalap Terbaik MotoGP, Vinales Kalahkan Marquez dan Rossi

Rossi dan Marquez mengalami penurunan posisi jika dibandingkan dengan polling MotoGP musim lalu.

Liputan6.com, Jakarta Aksi Maverick Vinales di MotoGP 2016 mendapat nilai lebih bagus dari Marc Marquez dan Valentino Rossi. Hal itu berdasarkan polling yang dilakukan media Crash mengenai siapa pembalap terbaik di musim lalu.

Ketimbang Marquez dan Rossi, performa Vinales di musim lalu memang lebih layak mendapat apresiasi. Kesuksesan Marquez menjadi juara dunia MotoGP dan Rossi yang menempati posisi kedua klasemen pembalap bukan sebuah kejutan besar.

Namun, ketika pembalap seperti Vinales mampu mengakhiri musim dengan finis di urutan keempat, itu adalah pencapaian yang terbilang mengejutkan. Pasalnya, Vinales adalah pembalap muda yang masih minim pengalaman dan hanya memperkuat tim seperti Suzuki Ecstar.

Karenanya, Vinales mendapatkan apresiasi lebih besar saat Crash melakukan pemungutan suara yang melibatkan 70.000 orang. Penilaian itu sendiri didasarkan pada beberapa faktor seperti mesin, kinerja dengan rekan setim, gaya balap, pengalaman, cedera, perkembangan, dan kepribadian sepanjang perlombaan MotoGP.

Dalam daftar tersebut, Rossi hanya menempati urutan ketiga dengan nilai 8,4. Sedangkan juara dunia Marquez duduk di posisi kedua dengan poin 8,5. Sedangkan Vinales ditempatkan di posisi teratas dengan nilai 8,8.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kejutan Crutchlow



Yang tak kalah mengejutkan adalah Cal Crutchlow yang menempati posisi keempat. Ia adalah satu-satunya pembalap tim satelit yang mampu menembus posisi tujuh besar. Nilai yang diberikan untuk pembalap LCR Honda tersebut adalah 7,8.

Cal Crutchlow (SAEED KHAN / AFP)

Ya, Vinales dan Crutchlow masuk dalam daftar pembalap yang tampil mengejutkan. Vinales sukses menyudahi paceklik kemenangan Suzuki dengan merebut podium juara MotoGP Inggris.

Sedangkan Crutchlow sukses mengamankan dua kemenangan, yakni di MotoGP Republik Ceko dan Australia. Total, empat podium sukses dinikmati pembalap asal Inggris itu sepanjang musim lalu.

Kini, publik pun menantikan aksi keduanya di MotoGP 2017. Apalagi, Vinales, 21, akan menunggangi motor yang jauh lebih sempurna dari Suzuki, yakni Yamaha YZR-M1. Sedangkan Crutchlow tetap bertahan di LCR Honda.

3 dari 3 halaman

Daftar 10 Besar


10 Besar Pembalap Terbaik MotoGP 2016 Versi Crash

1. Maverick Vinales SPA Suzuki Ecstar 8.8 (Factory)
2. Marc Marquez SPA Repsol Honda 8.5 (Factory)
3. Valentino Rossi ITA Movistar Yamaha 8.4 (Factory)
4. Cal Crutchlow GBR LCR Honda 7.8 (Satellite)
5. Andrea Iannone ITA Ducati Team 6.8 (Factory)
6. Andrea Dovizioso ITA Ducati Team 6.6 (Factory)
7. Jorge Lorenzo SPA Movistar Yamaha 6.2 (Factory)
8. Jack Miller AUS Marc VDS Honda 5.7 (Satellite)
9. Dani Pedrosa SPA Repsol Honda 5.5 (Factory)
10. Danilo Petrucci ITA Pramac Ducati 5.19 (Satellite)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.