Sukses

Lika-liku Ranking FIFA Indonesia Usai Terbebas dari Sanksi

Indonesia sendiri sudah lepas dari sanksi FIFA pada Mei 2016 lalu.

Liputan6.com, Jakarta- Prestasi Timnas Indonesia bisa dibilang cukup melesat usai terbebas dari sanksi FIFA beberapa waktu lalu. Peringkat FIFA Indonesia perlahan tapi pasti mengalami kenaikkan.

Pembuktian, mungkin menjadi kata yang pas untuk Skuat Garuda. Betapa tidak, usai terjerembab karena sanksi pembekuan, Indonesia menunjukkan eksistensinya secara pasti.
Indonesia sendiri sudah lepas dari sanksi FIFA pada Mei 2016 lalu. Bila pada Agustus 2016 lalu, Skuat Garuda hanya berada di posisi ke-191, kini Indonesia menutup tahun di urutan ke-171.

Artinya, Skuat Garuda berhasil melesat tajam dengan naik hingga 20 anak tangga. Hal ini tentu sangat beralasan. Sebab, usai sanksi, Indonesia membuktikannya dengan menang 3-0 atas Malaysia dalam laga uji coba.

Hingga akhir tahun ini, total Skuat Garuda telah menjalani 11 laga internasional. Teranyar tentu, Indonesia berhasil menjadi runner-up di Piala AFF 2016 kemarin.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lakoni 11 Laga

Dari 11 laga tersebut, pasukan Alfred Riedl berhasil mendapatkan hasil lumayan bagus. Mereka hanya tiga kali kalah, dan empat imbang, sisanya, empat laga diamankan dengan hasil kemenangan.

Tentu ini merupakan prestasi tersendiri bagi Indonesia. Bukan tak mungkin, Skuat Garuda bisa terus meroket di ranking FIFA dalam beberapa bulan ke depan.

Berikut kenaikan ranking FIFA Indonesia usai terbebas sanksi:

Agustus 2016: 191
September 2016: 181
Oktober 2016: 179
November 2016: 179
Desember 2016: 171

I. Eka Setiawan


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Tim Nasional Indonesia merupakan hasil seleksi pemain-pemain sepakbola terbaik berkebangsaan Indonesia
    Tim Nasional Indonesia merupakan hasil seleksi pemain-pemain sepakbola terbaik berkebangsaan Indonesia

    Timnas Indonesia

  • salah satu negara yang dilintasi dengan garis khatulistiwa. Negara ini memiliki Batik sebagai ikon budayanya.
    salah satu negara yang dilintasi dengan garis khatulistiwa. Negara ini memiliki Batik sebagai ikon budayanya.

    Indonesia