Sukses

Mengenal Ritual Pendukung Barcelona Sambut El Clasico di Camp Nou

Liputan6.com, Jakarta Tuan rumah Barcelona menyiapkan sejumlah agenda penting jelang El Clasico melawan Real Madrid di Camp Nou, Sabtu (3/12/2016) malam WIB. Salah satunya berupa mosaik (seni menciptakan gambar) Castellers yang dilakukan ribuan penonton.

Castellers diartikan sebagai "menara manusia". Tradisi ini sudah dikenal masyarakat Catalonia sejak abad 18 dan alasan tuan rumah mengambil tema tersebut lantaran mereka ingin semangat, keberanian, dan kekuatan bisa menjadi penyemangat tim saat menjalani pertandingan melawan musuh bebuyutannya.

Ini merupakan lanjutan dari mosaik "Gracies Johan" atau dikenal dengan sebutan "Terima Kasih, Johan". Legenda Barcelona wafat pada 24 Maret 2016 setelah bergelut dengan penyakit kanker paru-paru.

Kendati sudah tiada Sosoknya sangat bermakna karena dinilai sebagai peletak dasar filosofi, permainan, serta akademi sepak bola Barcelona. Menurut laporan AS Sport, Kamis (1/12/2016), untuk menjaga kedua tradisi tersebut tuan rumah Los Blaugrana akan membuat desain animasi yang akan mengambil tema Castellers.

Ini merupakan kali pertama mereka melakukan mosaik Castellers berupa animasi yang akan dilakukan puluhan ribu penonton. Ritual tersebut akan dilakukan jelang berlangsungnya pertandingan El Clasico.

Tata cara sudah dijelaskan di balik tiket tersebut. Sebagai pengingat tuan rumah juga akan memberikan petunjuk melalui layar yang terdapat di stadion.

2 dari 2 halaman

Tata Cara Mosaik

Berikut adalah tata cara mosaik Menara Manusia yang akan dilakukan pemegang tiket musiman di Camp Nou:

1. Penonton yang berada di tingkat pertama harus menaikkan kartu mereka ketika lagu Tot el camp, es un clam (Seluruh lapangan, Camp Nou bergemuruh) diputar. Dan mereka tidak boleh menurunkan tangan sampai lagu tersebut berakhir.

2. Selanjutnya pendukung di tingkat kedua juga diminta untuk menaikkan kartu mereka ketika lagu kebangsaan Barcelona (Si del sud o del nord). Sama seperti pendukung di tingkat pertama, mereka juga harus mengangkat tangannya sampai lagu berakhr.

3. Kelompok terakhir akan menjadi pendukung yang berada di tribun teratas (tingkat ketiga). Mereka harus menaikkan kartu mereka ketika lagu Blaugrana al vent diputar.

Loading